Advertisement

Indonesia Masuk 10 Peringkat Negara Berdaya Saing, Jokowi: Kita Bersyukur

Newswire
Kamis, 31 Agustus 2023 - 19:37 WIB
Maya Herawati
Indonesia Masuk 10 Peringkat Negara Berdaya Saing, Jokowi: Kita Bersyukur Presiden Joko Widodo (Jokowi) / Foto: Sekretariat Kabinet Republik Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Indonesia dinilai berhasil melakukan lompatan 10 tangga peringkat daya saing dunia dalam kompetisi memperebutkan pelugan pasar ekspor dan investasi. Hal ini diutarakan Presiden Jokowo Widodo di depan Pembukaan Rapat Kerja Nasional XVIII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Tahun 2023 di Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (31/8/2023).

"Kita bersyukur IMD Global Competitiveness Index di 2023, Indonesia naik rangking dari 44 ke 34. Naik 10 peringkat, ini masuk kategori tertinggi di dunia karena lompatannya 10 peringkat," kata Presiden Jokowi.  

Advertisement

Presiden Jokowi mengatakan daya saing Indonesia dalam kompetisi tersebut, salah satunya dibuktikan oleh capaian penyediaan infrastruktur yang memperoleh tanggapan positif dunia.

BACA JUGA: Ratusan Telaga di Gunungkidul Mengering

"Dan komponen competitiveness-nya, daya saing kita yang paling bagus di infrastruktur. Sekarang kita dinilai bagus di infrastruktur," ujarnya.

Selain infrastruktur, kata Jokowi, efisiensi bisnis di Indonesia juga melompat naik 11 peringkat, diikuti efisiensi pemerintah yang juga naik  empat peringkat. "Tapi yang paling bagus adalah performa ekonomi, naik 13 peringkat dari sebelumnya 42 ke-29," katanya.

Presiden Jokowi mengajak seluruh pihak untuk melanjutkan peningkatan competitiveness index Indonesia agar semakin baik dalam merespons persaingan global. "Urusan peringkat ini bukan kita yang mengeluarkan, tapi ini internasional," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

35 Calon Pedagang Kripto di Indonesia Jalani Proses Pengesahan di Bapebti

Jogja
| Sabtu, 11 Mei 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement