Advertisement

KSD Semarang Sebut Tingkat Kesetaraan di Jateng Tergolong Baik

Galih Eko Kurniawan
Sabtu, 02 September 2023 - 16:57 WIB
Galih Eko Kurniawan
KSD Semarang Sebut Tingkat Kesetaraan di Jateng Tergolong Baik Komunitas Sahabat Difabel dalam acara bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (2/9/2023). - Harian Jogja - ist

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG—Para penyandang disabilitas yang tergabung dalam Komunitas Sahabat Difabel (KSD) Semarang menilai tingkat kesetaraan dan inklusivitas di Jawa Tengah tergolong baik dalam dua periode kepemimpinan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Hal itu mereka sampaikan saat menemui Ganjar di Puri Gedeh, Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (2/9/2023). Pertemuan itu sekaligus menyampaikan perpisahan ke Ganjar yang akan memasuki masa purnatugas pada 5 September 2023.

Advertisement

Pendiri KSD Semarang dan Roemah Difabel, Noviana Dibyantari, mengatakan perhatian Ganjar terhadap penyandang disabilitas sangat tinggi. Seperti yang dicontohkan Ganjar dengan melibatkan penyandang disabilitas di tiap penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dan pengambilan keputusan lainnya.

"Selama ini Ganjar selalu memberi kesempatan kepada teman-teman penyandang disabilitas terlibat dalam kegiatan musrenbang, baik di tingkat kelurahan, kecamatan, kota maupun provinsi,” ujar Novi dalam rilis kepada Harian Jogja, Sabtu.

Di bawah kepemimpinan Ganjar, Jawa Tengah menjadi provinsi yang ramah disabilitas. Jawa Tengah kerap menjadi tuan rumah sejumlah acara besar difabel tingkat nasional dan internasional, seperti Pekan Special Olympics Nasional (Pesonas) dan pesta olahraga difabel terbesar se-Asia Tenggara, ASEAN Paralympic Games.

Tak hanya itu, untuk menegaskan wujud kepeduliannya terhadap kesetaraan dan inklusivitas penyandang disabilitas, Ganjar juga mematangkan Rencana Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyandang Disabilitas yang digodok bersama DPRD Jawa Tengah.

Dengan harapan, upaya-upaya dan kebijakan yang telah dilakukan Ganjar selama dua periode memimpin Jawa Tengah, bisa dilanjutkan di tingkat nasional saat Ganjar terpilih menjadi Presiden RI 2024-2029 nanti.

Ganjar berharap program dan kebijakan terkait kesetaraan dan inklusivitas penyandang disabilitas yang telah berjalan di Jawa Tengah bisa terus berjalan dan berkembang seiring pergantian kepemimpinan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

KPU Bantul Ingatkan Caleg Terpilih untuk Lengkapi LHKPN Sebelum Dilantik

Bantul
| Selasa, 07 Mei 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement