Advertisement

Pakai Jelantah, Srikandi Ganjar Ajari Milenial Bikin Sabun Cuci Piring

Galih Eko Kurniawan
Rabu, 20 September 2023 - 07:57 WIB
Galih Eko Kurniawan
Pakai Jelantah, Srikandi Ganjar Ajari Milenial Bikin Sabun Cuci Piring Lokakarya pembuatan sabun cuci piring berbahan minyak jelantah di Kotagede, Jogja, beberapa waktu lalu. - Harian Jogja - ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tergerak dengan beragam cara yang dilakukan masyarakat untuk mencukup kebutuhan sehari-hari, sukarelawan Srikandi Ganjar menggelar lokakarya membuat sabun cuci piring dari minyak jelantah.

Lokakarya menyasar kalangan perempuan milenial di Warung Jawi, Kecamatan Kotagede, Jogja. Jelantah digunakan untuk memanfaatkan barang bekas yang biasanya cuma dibuang begitu saja.

Advertisement

Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar DIY Herawati mengatakan acara tersebut dinilai sangat bermanfaat kepada para milenial. Sebab, pelatihan sabun cuci piring ini dilakukan dari minyak jelantah.

“Kami menggelar kegiatan ini dengan edukasi mengenai cara pembuatan sabun cuci piring kepada perempuan milenial,” ungkanya dalam rilis kepada Harian Jogja, Rabu (20/9/2023).

Dia menjelaskan minyak jelantah atau minyak bekas menggoreng biasanya dibuang begitu saja ke selokan atau sungai di sekitar rumah. Tentu hal itu bisa menyebabkan limbah dan akan mengakibatkan pencemaran lingkungan.

Karena itu, loyalis Ganjar Pranowo itu memiliki terobosan baru dengan membuatnya menjadi produk yang berguna untuk masyarakat sekitar daripada dibuang sembarangan yang justru bisa mencemari lingkungan.

Pembuatan sabun cuci piring menggunakan bahan satu kilogram minyak jelantah yang sudah direndam arang sebanyak 600 gram selama 24 jam. Kemudian diberikan 360 gram air, 128 gram soda api, pewangi atau bisa juga pakai bahan alami.

Dalam kegiatan tersebut Herawati juga memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024 kepada para milenial yang mengikuti lokakarya itu yang akan maju dalam Pilpres 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Biar Nggak Kepanasan Naik Trans Jogja Saja, Cek Rutenya di Sini

Jogja
| Minggu, 05 Mei 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement