Advertisement

Profil Soebronto Laras: Legenda Otomotif Indonesia & Wakil Presiden Komisaris Harian Jogja

Sugeng Pranyoto
Rabu, 20 September 2023 - 22:22 WIB
Budi Cahyana
Profil Soebronto Laras: Legenda Otomotif Indonesia & Wakil Presiden Komisaris Harian Jogja Soebronto Laras - JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Komisaris PT Indomobil International Tbk. (IMAS) dan PT Indomobil Multi Jasa Tbk. (IMJS) Soebronto Laras meninggal dunia di RS Medistra, Jakarta, Rabu (20/9/2023) dalam usia 80 tahun.

Soebronto Laras lahir di Jakarta 5 Oktober 1943, dan bergabung dengan Grup lndomobil sejak 1976 sebagai Presiden Direktur PT lndomobil Utama.

Advertisement

Pada 1982 ditunjuk sebagai Direktur Utama Indomobil dan pada Juni 2002 ditunjuk sebagai Komisaris Utama Perseroan.

Almarhum juga menjabat sebagai Wakil Presiden Komisaris PT Jurnalindo Aksara Grafika (Bisnis Indonesia) dan Presiden Komisaris di berbagai anak perusahaan dalam kelompok usaha lndomobil. Soebronto Laras juga menjadi Wakil Presiden Komisaris Harian Jogja dan Wakil Presiden Komisaris Solopos Media Group.

Mendiang tercatat meraih gelar Sarjana Teknik Mesin dari Paisley College di Skotlandia pada tahun 1969 dan Diploma of Business Administration dari Hendon College di London pada tahun 1972.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melihat sosok Soebronto Laras sebagai sosok yang sangat istimewa dan seorang legenda bagi bagi industri otomotif Tanah Air.

Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto, mengatakan dirinya telah mengenal Soebronto Laras selama lebih dari 35 tahun dan rutin melakukan diskusi mengenai industri otomotif. “Beliau adalah legenda otomotif Indonesia, saya mengenal beliau lebih dari 35 tahun dan kami sering berdiskusi mengenai industri otomotif Indonesia,” ujar Jongkie, Rabu.

Dia pun menyebut mereka saling bertukar pikiran untuk mencari cara mengembangkan industri otomotif secara nasional. Hal ini pun bukan hanya isapan jempol belaka, karena pada nyatanya produksi dan penjualan otomotif Indonesia sanggup mencapai lebih dari 1 juta unit per tahunnya.

Pelaku industri mengenal Soebronto Laras sebagai figur inspiratif di industri otomotif. Kabar meninggalnya lelaki yang biasa disapa Pak Bronto menyisakan duka yang mendalam.

Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia, Fransiscus Soerjopranoto, mengatakan sosok Soebronto Laras adalah salah satu tokoh dalam industri otomotif di Tanah Air. Perjalannnya bersama Indomobil yang memulai usahanya dari bawah menjadi inspirasi bagi para manajer muda untuk mengikuti jejak beliau dalam membangun Suzuki menjadi salah satu brand ternama di Indonesia. “Sungguh kehilangan yang luar biasa bagi industri otomotif Indonesia,” ujar Soerjo.

Business Innovation and Marketing & Sales Director Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan sosok Soebronto Laras merupakan salah satu figur inspiratif dalam industri otomotif di Tanah Air. “Terutama melalui semangatnya dalam memajukan industri otomotif dalam negeri. Rest in Peace Pak Soebronto Laras,” ujar Billy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Orang Tua Harus Miliki Bekal untuk Mendidik Anak di Era Digital

Jogja
| Jum'at, 03 Mei 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement