Advertisement

Indikator Warna Kualitas Udara di Jakarta Sabtu Ini Oranye, Ini Artinya

Nabil Syarifudin Al Faruq
Sabtu, 23 September 2023 - 19:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Indikator Warna Kualitas Udara di Jakarta Sabtu Ini Oranye, Ini Artinya Sejumlah kendaraan bermotor melintasi Jalan Gatot Subroto di Jakarta, Rabu (11/8/2021) - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Berdasarkan data IQAir, indikator warna mengenai kualitas udara di Jakarta berwarna oranye dengan dan berada di angka 113 pada Sabtu (23/9/2023) pukul 13.46 WIB dan menempati peringkat ke-6 kota paling berpolusi di dunia. Level ini dapat diartikan udara Jakarta tidak sehat untuk dihirup oleh kelompok masyarakat Jakarta sensitif.

Kemudian, tingkat konsentrasi PM2.5 Jakarta saat ini pada level 40,5µg/m³ atau setara dengan 8,1 kali dari nilai panduan kualitas udara tahunan World Health Organization (WHO).

Advertisement

Sementara itu, suhu di Jakarta hari ini 34 derajat Celcius dengan tingkat kelembaban 59 persen, gerak angin hanya 20,4 km/jam, dan tekanan sebesar 1008 mbar.  

Baca Juga: Mengatasi Polusi Udara Ada Caranya, Ini Menurut Guru Besar ITB

Sebagai informasi, peringkat kualitas udara terburuk Jakarta saat ini berada di posisi ke-6 di dunia dengan indikator warna adalah oranye, yang artinya sangat tidak sehat bagi kelompok sensitif.

Indikator warna lainnya adalah merah merujuk pada kualitas udara yang tidak sehat untuk dihirup seluruh masyarakat. Adapun ungu sangat tidak sehat, hitam berbahaya, hijau baik, dan kuning sedang. 

Seiring kualitas udara Jakarta yang berada pada indikator oranye, masyarakat Jakarta masih diimbau untuk menggunakan masker jika berada di luar ruangan, menutup jendela agar terhindar dari udara kotor dari luar, dan menghindari aktivitas olahraga di luar ruangan.  

Warga Jakarta juga disarankan menyalakan penyaring udara di dalam ruangan agar udara yang masuk tidak membahayakan kesehatan.

Baca Juga: Waduh! Pagi Ini, Jakarta Kembali Duduki Posisi 1 Polusi Udara Dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kreatif, Warga di Bantul Ubah Pinggir Pertemuan Sungai Oya dan Sungai Opak Jadi Lokasi Wisata Khusus

Bantul
| Sabtu, 11 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement