Advertisement

Terkena Serangan Udara Israel, Begini Kondisi Terbaru Kerusakan RS Indonesia di Gaza

Reyhan Fernanda Fajarihza
Selasa, 10 Oktober 2023 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Terkena Serangan Udara Israel, Begini Kondisi Terbaru Kerusakan RS Indonesia di Gaza Presidium Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Indonesia saat memberikan keterangan pers di Senen, Jakarta Pusat pada Selasa (10/10/2023). - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Indonesia mengungkap kondisi rumah sakit (RS) Indonesia di Gaza yang terkena serangan udara Israel.

Presidium MER-C, Henry Hidayatullah mengatakan serangan udara tersebut menyebabkan kerusakan pada selang pipa distributor oksigen RS. "Jadi ada pusat oksigen konsentrat. Ada pipa distribusinya itu yang terkena serangan bom [Israel]," katanya kepada wartawan di kawasan Senen, Jakarta Pusat, Selasa (10/10/2023).

Advertisement

Meski terjadi kerusakan, dia mengatakan bahwa aktivitas rumah sakit secara keseluruhan masih bisa berjalan cukup baik.

Pihaknya juga tengah melakukan perbaikan bagian yang rusak tersebut, sesaat setelah kondisi usai serangan dinyatakan aman. "Sedang dalam proses perbaikan, ya. Dan sampai sejauh ini operasional rumah sakit relatif masih bisa berproses dengan cukup baik," lanjutnya.

Adapun mengenai sukakondisi relawan di lokasi, MER-C mengatakan bahwa seluruh relawan yang ada telah dianjurkan untuk berpindah sementara di rubanah rumah sakit.

Hal ini merupakan prosedur standar apabila kondisi perang memburuk, sebab dari segi aturan perang, RS merupakan wilayah yang tak boleh disentuh pihak yang berkonflik. "Harus diingat bahwa mereka itu tinggalnya di samping rumah sakit, di Wisma dr. Joserizal Jurnalis. Sukarelawan kami sudah dibekali apa yang harus dilakukan mereka ketika kondisi seperti ini," kata Ketua Presidium MER-C, Sarbini Abdul Murad.

Sebelumnya, RS Indonesia yang terletak di Beit Lahiya, bagian Utara Jalur Gaza, terkena dampak serangan Israel. Dikutip dari Kantor Berita Nasional Palestina (WAFA), akibat serangan tersebut, satu orang yang merupakan pekerja di RS Indonesia meninggal dunia.

Sumber: Bisnis.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Terbaru! Jadwal Kereta Api Prameks Jogja-Kutoarjo Senin 20 Mei 2024

Jogja
| Senin, 20 Mei 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menikmati Sendratari dan Pertunjukan Wayang di Jogja

Wisata
| Minggu, 19 Mei 2024, 06:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement