Advertisement

Minyak Jelantah Ternyata Bisa Datangkan Keuntungan Melimpah

Galih Eko Kurniawan
Sabtu, 14 Oktober 2023 - 08:07 WIB
Galih Eko Kurniawan
Minyak Jelantah Ternyata Bisa Datangkan Keuntungan Melimpah Lokakarya pembuatan lilin aroma terapi dari minyak jelantah, Jumat (13/10/2023). - Harian Jogja - ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Minyak jelantah bisa mendatangkan keuntungan yang melimpah apabila diolah menjadi produk bernilai jual tinggi, salah satunya dibuat lilin aroma terapi.

Potensi ekonomis itu mendorong para sukarelawan Srikandi Ganjar untuk menggelar lokakarya membuat lilin aroma terapi berbahan dasar limbah minyak jelantah di Jogja, Jumat (13/10/2023).

Advertisement

Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Jogja Herawati menuturkan tujuan dari kegiatan itu yakni ingin mengajak perempuan milenial untuk selalu melakukan kegiatan yang produktif, salah satunya dengan membuat lilin aroma terapi.

Selain aromanya yang wangi, lilin yang dibuat dalam kegiatan itu juga memiliki tampilan warna-warni yang menarik sehingga cocok dijadikan hadiah untuk orang-orang terkasih, khususnya generasi muda.

Tak heran, produk tersebut ditaksir memiliki nilai jual tinggi di pasaran tapi hanya membutuhkan modal yang relatif murah. Alhasil, keuntungan yang diperoleh bisa berlipat ganda.

“Kegiatan ini juga nantinya agar peserta bisa berbisnis dari ilmu yang didapatkan dari lokakarya lilin aroma terapi,” ujar Herawati dalam rilis kepada Harian Jogja, Sabtu (14/10/2023).

Selain itu, bahan-bahannya cukup murah dan mudah didapatkan karena cukup memanfaatkan minyak bekas atau jelantah ditambah stearin, pewarna dari krayon dan minyak aroma sebagai pewanginya.

Peserta lokakarya, Sita, mengaku sangat antusias mengikuti seluruh tahapan pembuatan lilin aroma terapi yang disampaikan pemateri.

Menurut dia, pengolahan minyak jelantah menjadi produk bernilai jual adalah kegiatan yang sangat positif untuk mencegah pencemaran lingkungan akibat limbah minyak jelantah.

Dalam kegiatan kali ini, para sukarelawan Srikandi Ganjar juga turut mengenalkan sosok Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden 2024-2029 kepada para peserta.

Mereka menilai mantan Gubernur Jawa Tengah itu memiliki kepedulian tinggi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya generasi muda, melalui berbagai program pelatihan seperti yang dilakukan para sukarelawan Srikandi Ganjar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Solo Jogja Jumat 3 Mei 2024, Berangkat dari Stasiun Palur Solo

Jogja
| Jum'at, 03 Mei 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement