Advertisement

Bulan Bahasa, Literasi Pelajar di Gunungkidul Terus Ditingkatkan

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 21 Oktober 2023 - 03:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Bulan Bahasa, Literasi Pelajar di Gunungkidul Terus Ditingkatkan Ratusan siswa-siswi SMP dan SMA dan guru di wilayah Gunungkidul memenuhi aula pertemuan kegiatan Semarak Literasi Menyulam Cerita: Jelajahi Dunia Melalui Kata", Jumat (20/10 - 2023)

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Ratusan siswa di Gunungkidul mengikuti program Semarak Literasi “Menyulam Cerita: Jelajahi Dunia Melalui Kata” untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa.

Selain untuk meningkatkan literasi siswa, kegiatan tersebut juga untuk memperingati Bulan Bahasa pada Oktober ini. Kegiatan ini juga bertujuan untuk merespons Indonesia yang mengalami bonus demografi sejak 2015. Kondisi ini menjadi peluang besar untuk mencapai tujuan-tujuan pembangunan mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Advertisement

"Untuk mengoptimalkan hal tersebut, diperlukan akses pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan SDM unggul sebagai generasi pembangunan masa depan. Salah satunya dengan program Semarak Literasi ini," kata Vice President CSR BCA Krisbiakto Cahyo Adi melalui siaran persnya, Jumat (20/10/2023).

BACA JUGA: Terbaru dari Sleman! Buka Peluang Usaha Tani Organik Berbasis Kawasan

Dia mengatakan peningkatan akses pendidikan jadi salah satu hal yang penting untuk menghasilkan SDM yang unggul untuk generasi muda. Di Gunungkidul, anak muda diajak untuk meningkatkan literasinya. "Generasi muda adalah generasi penerus bangsa di masa depan dan pendidikan yang berkualitas merupakan dasar utama untuk menghasilkan pemimpin-pemimpin masa depan yang berdaya saing dalam skala global,” ujarnya.

Program Semarak Literasi diawali dengan kegiatan di SMAN 1 Karangmojo Gunungkidul. Program ini terdiri dari serangkaian acara yang dimulai dengan Workshop Literasi Siswa dan Guru, dilanjutkan dengan Kompetisi Literasi, dan diakhiri dengan Festival Literasi.

Sebelumnya, BCA menggelar Semarak Literasi di Bulan Bahasa ini untuk mendukung pendidikan berkualitas dan kecakapan literasi siswa-siswi di Indonesia. Program ini dirasa akan meningkatkan literasi anak muda di Gunungkidul. Tak hanya itu program ini juga bakal mengembangkan minat anak muda dalam membaca dan belajar.

“Saya apresiasi dukungan BCA dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa-siswa di Gunungkidul. Program ini tentu akan memberi dampak positif dalam kehidupan siswa dalam mengembangkan minat dalam membaca dan proses pembelajaran,” ungkap Kepala Balai Bahasa Yogyakarta Dwi Pratiwi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Operasi Gabungan di Depan Pasthy, Belasan Kendaaran Tanpa Kelengkapan Surat Terjaring Petugas

Jogja
| Senin, 13 Mei 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement