Advertisement

Komitmen Melindungi Pekerja Rentan di DIY, Sera Food Indonesia Raih Paritrana Award 2023

Abdul Hamied Razak
Senin, 23 Oktober 2023 - 08:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Komitmen Melindungi Pekerja Rentan di DIY, Sera Food Indonesia Raih Paritrana Award 2023 President Director PT Sera Food Indonesia, Atie Rahardjo saat menerima penghargaan Paritrana Award 2023 untuk kategori Perusahaan Menengah Terbaik Pertama tingkat Nasional beberapa waktu lalu. Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—PT Sera Food Indonesia menerima Paritrana Award 2023 untuk kategori Perusahaan Menengah Terbaik Pertama tingkat Nasional.

President Director PT Sera Food Indonesia, Atie Rahardjo mengaku tidak menyangka Paritrana Award 2023 diraih oleh perusahaannya. Selama ini, katanya, Sera Food memang konsisten dan komitmen untuk melindungi karyawan dan pekerja rentan. "Program kami setiap item produk ada sharing untuk melindungi pekerja rentan. Pekerja kami juga beresiko tinggi, ada mesin-mesin, tegangan tinggi, suhu panas dan lainnya," kata Atie, Senin (23/10/2023).

Advertisement

Tidak hanya bagi karyawan dan pekerja masa magang, lanjut Atie, program CSR Sera Food juga menyasar pekerja rentan di sekitar perusahaan. Mereka mendaftarkan pekerja rentan seperti kader-kader Posyandu, guru-guru TPA, tukang Ojek, petani, peternak dan pekerja rentan lainnya. Dana CSR Sera Food untuk program ini total mengcover 15.000 orang untuk rentan waktu Januari-November 2023.

"Pernah ada pekerja rentan, pedagang pasar, suaminya meninggal, dan tercover jaminan sosial ketenagakerjaan ini. Penerima manfaat sangat berterima kasih dengan adanya program ini dan berharap penerima manfaat tetap meneruskan kepesertaannya," kata Atie.

BACA JUGA: 500 Pekerja Rentan di Jogja Dilindungi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Piagam Paritrana Award merupakan penghargaan yang diberikan oleh Presiden RI dan diselenggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Penghargaan diberikan kepada pemerintah provinsi, kabupaten/kota, dan pelaku usaha yang berskala besar, menengah, usaha sektor layanan publik, dan usaha mikro yang mendukung penuh program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

"Tentu kami senang, perhatian kami terhadap karyawan dan masyarakat sekitar terkait perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, ternyata juga mendapat perhatian dari pemerintah dan BPJS Ketenagakerjaan," kata Atie.

Sera Food Indonesia lolos seleksi di tingkat provinsi Februari silam. Kemudian bersama Universitas Gadjah Mada sebagai wakil untuk kategori Perguruan Tinggi Peduli Terhadap Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Sera Food menjadi wakil DIY ke tingkat nasional.

Proses penilaian dilakukan secara ketat dan dinilai oleh 9 juri/panelis. Para penelis juga melakukan kunjungan lapangan untuk mengkroscek berbagai kegiatan yang dilalukan Sera Food terkait dengan perlindungan terhadap pekerja dan kepedulian perusahaan terhadap program jaminan sosial ini.

"Kami patuh dengan peraturan termasuk dalam kaitan dengan perlindungan dan jaminan sosial ketenagakerjaan. Seluruh pekerja kami sudah masuk sebagai peserta BPJamsostek sejak pabrik ini berdiri," kata Atie.

"Kami juga aktif mendorong rekanan-rekanan untuk mengikutkan karyawannya ke program ini. Bahkan, sejak tahun lalu, kami mulai mengarahkan program corporate social responsibility (CSR), untuk membiayai iuran BPJamsostek untuk para pekerja rentan," tambahnya.

BACA JUGA: 23 OPD di Kulonprogo Bayarkan Iuran BPJS Ketenagakerjaan untuk Pekerja Rentan

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta, Teguh Wiyono mengatakan selain Sera Food, UGM juga berhasil mendapat Paritrana Award 2023. Keduanya berhasil menyisihkan ribuan kontestan lain dari berbagai daerah di Indonesia. Seleksi melibatkan 9 juri dari unsur tokoh masyarakat, tokoh jaminan sosial hingga kementerian terkait. 

"Paritrana Award diikuti oleh perwakilan dari 5 zona meliputi Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku hingga Papua. Jateng dan DIY yang masuk zona Jawa dan Bali," kata Teguh.

Teguh memaparkan, ada sejumlah penilaian utama yang mampu dipenuhi oleh PT Sera Food Indonesia. Selain sudah mengikutsertakan seluruh karyawan ke dalam program kepesertaan, semua karyawan juga sudah mengaplikasikan Jamsostek Mobile (JMO).

"Perusahaan ini juga menunjukkan komitmen besar untuk mendukung program BPJS Ketenagakerjaan melalui dukungan terhadap pekerja rentan. Ini yang menurut juri menjadi keunggulan dari PT Sera Food Indonesia," ungkap Teguh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kabar Duka, Mantan Bupati Bantul Suharsono Meninggal Dunia

Bantul
| Senin, 06 Mei 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement