Advertisement

Provinsi Jawa Tengah Meraih Dukcapil Prima Award Kategori Kolaboratif

Media Digital
Rabu, 25 Oktober 2023 - 11:07 WIB
Maya Herawati
Provinsi Jawa Tengah Meraih Dukcapil Prima Award Kategori Kolaboratif Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispermadesdukcapil) Provinsi Jawa Tengah menyabet penghargaan Dukcapil Prima Award Kategori Kolaboratif dari Kementerian Dalam Negeri. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada Pj Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (P) Nana Sudjana pada acara Rakornas Dukcapil yang berlangsung di Hotel Novotel Palembang pada Selasa (24/10/2023) malam. - ist - Humas Jateng

Advertisement

PALEMBANG—Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispermadesdukcapil) Provinsi Jawa Tengah menyabet penghargaan Dukcapil Prima Award Kategori Kolaboratif dari Kementerian Dalam Negeri.

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada Pj Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (P) Nana Sudjana pada acara Rakornas Dukcapil yang berlangsung di Hotel Novotel Palembang pada Selasa (24/10/2023) malam.

Advertisement

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil [Dukcapil] Provinsi Jawa Tengah dan jajarannya maupun Dinas Dukcapil kabupaten/kota,” kata dia seusai menerima penghargaan.

Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah hingga kini secara terus menerus melakukan langkah-langkah kerja sama dan berkolaborasi dengan badan atau lembaga pada penyelenggaraan administrasi kependudukan. Kolaborasi dan kerja sama yang dijalin, berdampak positif bagi kemajuan kependudukan dan pencatatan sipil.

“Mereka telah melaksanakan kerja keras, ikhlas, dan cerdas, sehinga berhak menerima penghargaan, Dukcapil Prima Award,” kata Nana, seperti dalam keterangan, Rabu (25/10/2023).

Menurut dia, penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan secara optimal dan maksimal oleh Dukcapil Provinsi Jateng maupun Dukcapil kabupaten/kota. “Mereka membuat langkah-langkah kerja sama dengan instansi atau lembaga yang ada di Jateng,” katanya.

BACA JUGA: Sah 3 Pejabat Dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, Ini Daftarnya

Berdasarkan catatan Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah, dalam setahun pemerintah pusat menargetkan kepada pemerintah daerah untuk minimal menjalin 15 perjanjian kerja sama. Tetapi di wilayah Provinsi Jawa Tengah, sudah terealisasi sebanyak 606 perjanjian kerja sama. Kerja sama yang dijalin, dalam rangka untuk pemanfaatan data kependudukan, yang dilakukan oleh instansi atau OPD pengguna.

Menghadapi pemilu dan pilkada 2024 ini, lanjutnya, Dispermadesdukcapil  melakukan perekaman KTP Elektronik bagi pemula, dengan sistem jemput bola. Di samping itu, melayani penerbitan KTP elektronik bagi pemilih pemula, yakni yang berusia 17 tahun, pada hari pemilihan.

“Untuk pendataan pemilih pemula ini, kami juga koordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk pendataan siswa SMA dan SMK yang masuk sebagai pemilih pemula, kami juga koordinasi dengan Kementerian Agama [Kemenag] untuk pendataan siswa Madrasah Aliyah [MA],” ujar Nana.

Sedangkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian  berpesan agar semua Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil seluruh Indonesia bersinergi.“Saya bisa sampaikan bahwa Data Dukcapil sangat luar biasa, karena hanya data Dukcapil yang akurat, bisa mem-back up dokumen penting lainnya, dengan acuan dasar dari data dukcapil,” kata dia. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemda Ajak Kadin DIY Menekan Kemiskinan Ekstrem

Jogja
| Minggu, 05 Mei 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement