Advertisement

Antisipasi Dampak Perdagangan Karbon, Ini yang Dilakukan Kementerian LHK

Arief Junianto
Kamis, 26 Oktober 2023 - 17:37 WIB
Arief Junianto
Antisipasi Dampak Perdagangan Karbon, Ini yang Dilakukan Kementerian LHK Menteri LHK, Siti Nurbaya saat peresmian RK2IK di Gedung Manggala Wanabhakti, Jakarta, Selasa (24/10/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Beberapa waktu yang lalu, Presiden Joko Widodo membuka bursa karbon nasional di Bursa Efek Indonesia.

Dalam rangka mengantisipasi minat masyarakat yang tinggi terhadap perdagangan karbon, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, meresmikan Rumah Kolaborasi dan Konsultasi Iklim dan Karbon (RK2IK) di Gedung Manggala Wanabhakti, Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Advertisement

RK2IK dibentuk guna mendukung pencapaian target Nationally Determined Contribution (NDC) Indonesia.

Dalam sambutannya, Siti Nurbaya menyampaikan bahwa RK2IK untuk penyelenggaraan NDC dan NEK ini diharapkan dapat meningkatkan integritas pasar karbon sehingga dapat memberikan dampak positif dalam pengendalian perubahan iklim Indonesia.

“Penerapan Nilai Ekonomi Karbon diharapkan dapat menjadi mekanisme untuk menjadikan aksi-aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim lebih efektif, efisien, inklusif, transparan, akuntabel, serta berkeadilan,” kata Siti melalui rilis, Kamis (26/10/2023).

Pada peresmian tersebut, KLHK melakukan juga beberapa kegiatan lainnya seperti Peluncuran Skema Krediting (Crediting Scheme) Sertifikasi Penurunan Emisi (SPE) GRK Indonesia.

BACA JUGA: 84 Kampung Diajukan Masuk Program Kampung Iklim Diajukan ke Pusat

SPE adalah surat bentuk bukti  pengurangan emisi oleh usaha maupun kegiatan yang telah melalui Pengukuran, Pelaporan, Verifikasi (Measurement, Reporting, and Verification), serta tercatat dalam Sistem Registri Nasional (SRN) Pengendalian Perubahan Iklim dalam bentuk nomor dan/atau kode register.

ProKlim

Diketahui, Kementerian LHK melalui Program Kampung Iklim (ProKlim) mendorong upaya aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di tingkat tapak. ProKlim diharapkan mampu meningkatkan ketahahan terhadap dampak negatif perubahan iklim sekaligus pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK) dapat dilakukan mulai dari tingkat tapak.

Siti menyampaikan bahwa ProKlim bertransformasi menjadi program yang berbasis komunitas.

“Pada Penghargaan ProKlim 2023 yang juga merupakan puncak Festival Iklim 2023 dan peresmian RK2IK, ProKlim bertransformasi menjadi Program Komunitas untuk Iklim. Ini agar lebih mendorong berbagai pemangku kepentingan dalam melakukan aksi adaptasi dan mitigasi ditingkat tapak. Dengan begitu ProKlim tidak hanya mencakup aksi pengendalian perubahan iklim berbasis wilayah administrasi tetapi juga akan mencakup berbagai aksi yang dilakukan berbagai komunitas.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

10 Kelurahan di Jogja Jadi Sasaran Skrining TBC

Jogja
| Senin, 06 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement