Advertisement

Edukasi Aktif Kredit Pintar Ramaikan FinExpo 2023

Abdul Hamied Razak
Senin, 30 Oktober 2023 - 11:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Edukasi Aktif Kredit Pintar Ramaikan FinExpo 2023 Pengunjung melihat both di FinExpo 2023 yang digelar sebagai perayaan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) di Pakuwon Mall Jogja. ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gelaran Financial Expo (FinExpo) pada 26-29 Oktober 2023 di Pakuwon Mall Jogja menarik perhatian pengunjung. Kegiatan ini digelar untuk mendorong peningkatan pemahaman dan penggunaan produk atau layanan jasa keuangan.

FinExpo 2023 juga sebagai bentuk sinergi dan kolaborasi antara Kementerian/Lembaga, LJK, asosiasi, dan e-commerce. "Sebagai salah satu Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK), pihaknya sangat mendukung kegiatan tersebut," kata Brand Manager Kredit Pintar Puji Sukaryadi melalui siaran persnya, Senin (30/10/2023).

Advertisement

BACA JUGA: UMKM Kian Sulit Akses Kredit dari Bank, Ternyata Ini Penyebabnya

Alasannya, FinExpo 2023 sejalan dengan upaya pemerintah untuk semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan.

"Dengan demikian maka masyarakat dapat menggunakan produk atau layanan jasa keuangan secara lebih optimal untuk meningkatkan kesejahteraan dan memperkuat perekonomian nasional," katanya.

Dalam FinExpo 2023, sekitar 100 perserta berkegiatan melalui pameran produk atau layanan jasa keuangan dari Industri Jasa Keuangan (IJK), edukasi keuangan, pameran produk UMKM, perlombaan, talkshow, dan artist performance. Hal itu diharapkan mampu memberikan experience baru kepada pengunjung tentang inklusi keuangan dan literasi keuangan.

"Selain membuka akses layanan keuangan seluas-luasnya, kami juga berupaya untuk membantu memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai literasi keuangan, sehingga dapat memahami manfaat, risiko dan kewajiban sebelum mengambil keputusan keuangan," kata Puji.

Sementara itu, salah satu pengunjung FinExpo 2023 Vela dari Universitas Gadjah Mada (UGM) mengatakan, FinExpo acaranya seru banget. "Banyak keseruan juga di booth Kredit Pintar karena penjelasan mengenai produk keuangan mereka dipaparkan secara fun dan mudah dimengerti, khususnya bagi kami-kami kaum muda," katanya.

Regulatory Compliance Manager Kredit Pintar Arsya Helmi saat mengisi talkshow dalam FinExpo 2023 mengatakan sebagai platform pinjaman digital yang berlisensi, terdaftar, dan diawasi oleh OJK, Kredit Pintar berkomitmen untuk terus konsisten melakukan kegiatan edukasi dan literasi keuangan.

BACA JUGA: Catat! Ini Syarat Dapat KUR Super Mikro, Bunga 3%

Salah satu dari edukasi yang dilakukan adalah agar pengguna dapat lebih waspada jika ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Hal itu berkaitan dengan maraknya penipuan yang mengatasnamakan Kredit Pintar baik melalui pengiriman pesan direct message melalui akun media sosial tentang pencairan dana maupun juga melalui pengiriman pesan APK pada ponsel berbasis Android dengan berkedok undangan ataupun juga informasi pengiriman paket jasa ekspedisi," katanya.

Ia mengatakan Kredit Pintar hingga saat ini telah menyalurkan pinjaman lebih dari Rp38 triliun, di mana sekitar separuh nasabahnya meminjam uang untuk kebutuhan modal usaha kecil atau pendidikan.

"Total peminjam Kredit Pintar sejak berdiri tahun 2017 telah berjumlah lebih dari 14 juta nasabah. Kredit Pintar saat ini menduduki peringkat #1untuk aplikasi pinjaman uang tunai yang paling banyak diulas di Google Playstore Indonesia dan telah diunduh lebih dari 20 juta kali, rating Google 4.2 dari 5 dengan dua juta review," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Long Weekend, Saatnya Liburan! Ini Dia Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata Seru di Jogja

Jogja
| Minggu, 12 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement