Advertisement

Mendekati Hari Industri Rudal, Korsel Awasi Korut Luncurkan Satelit Mata-Mata

Newswire
Senin, 06 November 2023 - 14:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Mendekati Hari Industri Rudal, Korsel Awasi Korut Luncurkan Satelit Mata-Mata Ilustrasi satelit (Freepik)

Advertisement

Harianjogja.com, SEOUL—Kepala Staf Gabungan (JCS) Korea Selatan (Korsel) mengatakan pihaknya tengah mengawasi kemungkinan Korea Utara (Korut) meluncurkan satelit mata-mata ketiga pada akhir November 2023.

Media resmi Pyonyang pada Minggu (5/11/2023) menyebutkan Korut menetapkan 18 November sebagai Hari Industri Rudal untuk merayakan kesuksesan peluncuran rudal antarbenua (ICBM) Hwasong-17 tahun lalu. Peluncuran ini merupakan ambisis pemimpin Korut Kim Jong Un untuk memastikan Korut menjadi kekuatan nuklir kelas dunia.

Advertisement

Baca Juga: Korea Selatan dan Korea Utara Saling Tembak Rudal

Juru bicara JCS Lee Sung-jun mengatakan militer Korsel tengah mengawasi aktivitas militer Korut untuk mendeteksi tanda-tanda berbagai provokasi menjelang ulang tahun pertama peluncuran ICBM.

"Pihak intelijen Korsel dan Amerika Serikat bekerja sama erat untuk melacak dan mengawasi kemungkinan Korut melakukan provokasi, termasuk peluncuran ketiga yang mereka sebut peluncuran satelit ruang angkasa," ujar Lee dalam konferensi pers rutin dikutip dari Antara, Senin (6/11/2023).

Baca Juga: Kapal Selam AS Tiba di Korsel, Korea Utara Tembak Dua Rudal Balistik

Sebelumnya, Korut dua upaya gagal menempatkan satelit pengintai ke orbit pada Mei dan Agustus lalu. Korut pun berjanji akan kembali mencoba langkah ini pada Oktober. Namun mereka gagal memenuhi tenggat waktu yang ditentukan sendiri tanpa memberikan penjelasan. 

Minggu lalu, Menteri Pertahanan Shin Won-sik mengatakan Korut kemungkinan menunda rencana mereka untuk melakukan upaya ketiga untuk meluncurkan satelit mata-mata untuk memperbaiki gangguan teknologi pada sistem tahap ketiga dengan bantuan Rusia, dan mempertimbangkan kemungkinan peluncuran pada akhir November.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Target Pembayaran PBB-P2 Kulonprogo Tercapai Rp5,3 Miliar

Kulonprogo
| Jum'at, 03 Mei 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement