Advertisement

Meski Terkoreksi, Penjualan Daihatsu DIY & Jawa Tengah Tumbuh 3 Persen

Abdul Hamied Razak
Selasa, 05 Desember 2023 - 10:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Meski Terkoreksi, Penjualan Daihatsu DIY & Jawa Tengah Tumbuh 3 Persen Sahabat Daihatsu Jogja akan berkumpul di ajang Daihatsu Kumpul Sahabat Jogja 2022. - Harian Jogja - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Penjualan kendaraan roda empat di Indonesia masih dibayangi dampak ekonomi global dan konstalasi politik saat ini. Meski begitu, untuk wilayah DI Yogyakarta dan Jawa Tengah penjualan mobil diklaim mengalami pertumbuhan meski tidak signifikan.

Kepala Wilayah Astra Daihatsu DIY dan Jateng Andrianto Saudin menjelaskan, penjualan mobil di wilayah DIY dan Jateng untuk Daihatsu hingga Oktober lalu tumbuh sekitar 3%. Pertumbuhan penjualan tersebut masih lebih baik dari pertumbuhan rerata nasional yang hanya 1%.

Advertisement

BACA JUGA: Perkuat Layanan Purna Jual, Mitsubishi Fuso Tambah Layanan 2S Fleet Customer Workshop di Sumba Timur

Ia menambahkan, peningkatan penjualan Daihatsu justru terjadi untuk kendaraan jenis passanger. Sebaliknya untuk kendaraan jenis komersil atau niaga mengalami penurunan. Untuk segmen komerisal, GranMax pick up (penjualan) turun sebesar 1% sementara segmen MPV naik.

"Ini bukti perekonomian setelah pandemi Covid-19 belum bangkit, dampaknya masih terasa sampai saat ini. Jadi meski mengalami pertumbuhan, target penjualan pada tahun ini terkoreksi,” kata Andrianto, Selasa (5/12/2023).

Kondisi perekonomian saat ini, lanjutnya, berdampak juga pada pilihan kendaraan yang digunakan masyarakat. Saat menentukan pilihan kendaraannya, mereka menurunkan standar dari yang biasanya membeli mobil untuk kelas menengah atas beralih ke mobil kelas menengah bawah.

“Saat ini karena tahun politik masih banyak wait and see. Namun kami tetap optimistis penjualan tahun depan masih akan tumbuh 2-3 persen terutama pada semester kedua,” ujarnya.

BACA JUGA: Kendaraan Ditarik karena Kredit Macet, Begini Prosedurnya versi Leasing

Untuk mendongkrak penjualan, Astra Daihatsu menggelar promo akhir tahun. Salah satunya bertajuk DAIFEST 2023, promo ini berhadiah puluhan batang emas hingga grand prize berupa 1 unit mobil All New Xenia. Program ini berlaku untuk pembelian mulai 1 November sampai dengan 31 Desember 2023.

"Setiap pembelian unit secara cash maupun kredit, akan kami ikutkan dalam undian ini tanpa syarat,” kata Sales Supervisor Astra Daihatsu Motor Jl Mayjend Sutoyo, Rio.

Selain program tersebut, Daihatsu juga ingin memberikan banyak benefit dan berbagai kemudahan kepada konsumen dan pelanggan. Mulai dari uang muka yang terjangkau, angsuran bulanan ringan dan tenor yang panjang hingga 8 tahun.

“Ada juga program khusus untuk pengadaan kendaraan untuk kantor-kantor atau organisasi. Kami dapat memberikan banyak kelebihan bagi mereka dibandingkan customer regular atau perorangan,” lanjut Rio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Long Weekend, Saatnya Liburan! Ini Dia Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata Seru di Jogja

Jogja
| Minggu, 12 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement