Advertisement

Ledakan Smelter PT ITSS Tewaskan Belasan Pekerja, DPR Minta Pemerintah Investigasi Menyeluruh

Afiffah Rahmah Nurdifa
Senin, 25 Desember 2023 - 17:17 WIB
Sunartono
Ledakan Smelter PT ITSS Tewaskan Belasan Pekerja, DPR Minta Pemerintah Investigasi Menyeluruh Para pekerja ITSS sedang membantu mengevakuasi para korban menggunakan mobil pick up. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI meminta pemerintah dan aparat setempat untuk melakukan investigasi keseluruhan atas insiden ledakan yang terjadi di pabrik olahan nikel milik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di Morowali, Sulawesi Tengah.

Anggota Komisi VII DPR RI Yulian Gunhar mengatakan untuk mendukung proses investigasi tersebut, pihaknya meminta perusahaan PT ITSS untuk menghentikan sementara operasional smelter tersebut.  

Advertisement

"Diperlukan investigasi menyeluruh dari pihak berwajib serta Kementerian Perindustrian selaku pengawas untuk mencari penyebab insiden yang terjadi," kata Yulian dikutip dari situs DPR RI, Senin (25/12/2023).  

BACA JUGA : Ledakan di PT ITSS Morowali Tewaskan 13 Pekerja, Ini Tanggapan Kementerian Ketenagakerjaan

Dia menerima laporan meledaknya tungku smelter PT ITSS telah menewaskan 13 orang pekerja dan 22 orang pekerja teknis lain yang mengalami luka berat.  Yulian meminta pihak kepolisian segera mengusut tuntas, sehingga penyebab pasti ditemukan dengan jelas. Adapun, sejauh ini diketahui ledakan terjadi ketika tungku smelter sedang dilakukan perbaikan.  

Di sisi lain, penghentian operasional smelter di Morowali itu harus dilakukan untuk mempermudah pihak kepolisian dalam proses investigasi, sekaligus memastikan keamanan operasional smelter agar kejadian serupa tidak terulang.

Polisi Bentuk Tim Khusus "Selama pengusutan masih berjalan, operasional PT IMIP harus menghentikan operasionalnya. Juga dipastikan tingkat keamanan terjamin dari kejadian kebakaran," tuturnya.  

Yulian menuturkan, pengusutan dan investigasi menjadi suatu yang penting demi memastikan kejelasan atas penyebab kelalaian atau masalah peralatan yang menyebabkan karyawan menjadi korban jiwa.  

"Melalui investigasi akan ditemukan, apakah karena kelalaian? Atau apakah karena peralatan yang digunakan kurang layak? Selain itu, perlu dipastikan bagaimana perawatan terhadap peralatan smelter secara berkala sesuai aturan," ungkapnya.

BACA JUGA : Kebakaran, Pabrik Smelter PT ITSS di Morowali Ditutup Sementara

Sebab, jika masalah peralatan yang menjadi penyebab maka hal tersebut harus menjadi perhatian pihak-pihak terkait, mulai dari perusahaan smelter hingga Kementerian Perindustrian.  

Sebagaimana diketahui, ledakan tungku smelter PT ITSS yang berlokasi di kawasan industri PT IMIP, Morowali, Sulawesi Tengah itu tepatnya terjadi pukul 05.30 WITA pada Minggu (24/12/2023). Insiden tersebut menyebabkan setidaknya 13 orang meninggal dunia dan 46 korban terluka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan di Balai Kota Jogja, Disediakan Doorprize dan Hiburan

Jogja
| Minggu, 28 April 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement