Advertisement

Rehabilitasi Hutan, 3.400 Bibit Pohon Ditanam di Kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu

Media Digital
Minggu, 31 Desember 2023 - 16:07 WIB
Maya Herawati
Rehabilitasi Hutan, 3.400 Bibit Pohon Ditanam di Kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana bersama ratusan elemen masyarakat melakukan kegiatan penanaman bibit pohon secara serentak di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu, Kabupaten Semarang, Sabtu (30/12 - 2023).

Advertisement

SEMARANG–Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana bersama ratusan elemen masyarakat melakukan kegiatan penanaman bibit pohon secara serentak di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu, Kabupaten Semarang, Sabtu (30/12/2023).

Penanaman sebanyak 3.400 bibit pohon itu guna merehabilitasi hutan di Gunung Merbabu pasca kabakaran pada Oktober 2023 lalu.

Advertisement

Senyampang dengan itu, kegiatan tersebut juga bagian dari acara penanaman serempak yang dilakukan di seluruh Indonesia.

Nana menilai, kegiatan tersebut penting diselenggarakan, mengingat hutan memiliki fungsi pengendalian tata air, pelestarian keanekaragaman hayati, dan untuk meningkatkan produktivitas lahan.

Sebab, fenomena elnino beberapa waktu lalu mengakibatkan kekeringan, bahkan di sejumlah kawasan mengalami kebakaran lahan. 

“Oleh karena itu, dalam rangka untuk mengembalikan atau mereboisasi, hari ini kita lakukan penanaman bersama," jelas Nana.

Pemprov Jateng, sambungnya, terus berupaya mengurangi laju degradasi lahan dan deforestasi hutan yang menjadi penyebab terjadinya lahan kritis.

BACA JUGA: Relawan Ganjar-Mahfud Dianiaya Anggota TNI, Simak Kronologinya

Ada beberapa strategi yang diterapkan dalam mengurangi lahan kritis, meliputi penanaman pohon untuk merehabilitasi hutan secara vegetatif, dan penguatan kelembagaan pengelola Daerah Aliran Sungai (DAS) melalui pembentukan forum pengelolaan DAS dan penyuluhan kehutanan.

Selain itu,  pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan ekonomi produktif berbasis usaha kehutanan bagi masyarakat sekitar hutan, dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan DAS. "Masyarakat akan kita berdayakan untuk mampu mengelola hutan-hutan ini,” kata dia.

Nana menambahkan, alam dan hutan adalah amanah dari Tuhan yang harus dikelola dengan baik. Manfaat dari pengelolaan alam dan hutan yang baik, akan kembali kepada manusia. Seperti terjaganya pasokan oksigen, kesuburan tanah terjaga, dan mencegah terjadinya bencana. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Meninggal, Kemendikbudristek: Penyair Legendaris Tuai Beragam Penghargaan

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement