Advertisement

Pesawat Rusia yang Membawa Tawanan Ukraina Ditembak Jatuh Militer Ukraina

Newswire
Kamis, 25 Januari 2024 - 13:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Pesawat Rusia yang Membawa Tawanan Ukraina Ditembak Jatuh Militer Ukraina Foto yang diambil pada 24 Januari ini menunjukkan lokasi dekat jatuhnya pesawat angkut Il-76 Rusia di wilayah Belgorod, Rusia. (Xinhua - Tass)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Ukraina meluncurkan dua rudal ke arah pesawat angkut militer Rusia IL-76, menewaskan seluruh 74 orang yang berada di dalamnya. Padahal hampir seluruh penumpang merupakan warga Ukraina yang menjadi tawanan perang. 

"Hari ini pada pukul 11.15, rezim Kiev melakukan aksi terorisme, dan sebagai akibatnya sebuah pesawat angkut militer Rusia jatuh," kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataannya, dikutip Kamis (25/1/2024).

Advertisement

Disebutkan pula bahwa seluruh penumpang di dalam pesawat tersebut tewas. Menurut pernyataan itu, pesawat ditembak saat terbang dari lapangan udara Chkalovsky menuju Belgorod ketika mengangkut personel militer Ukraina untuk melakukan pertukaran tahanan.

BACA JUGA: Media Asing NewsWeek Sorot Komitmen Prabowo Perkuat Pertahanan RI

"Angkatan bersenjata Ukraina menghancurkan pesawat itu ... dengan menggunakan sistem rudal antipesawat," sebut pernyataan itu, seraya menambahkan bahwa peralatan radar Rusia mendeteksi peluncuran dua rudal Ukraina.

Kemhan Rusia mengatakan Ukraina mengetahui para tahanannya akan dibawa ke Belgorod untuk pertukaran berdasarkan kesepakatan yang telah dicapai oleh kedua pihak.

Langkah Kiev ini merupakan upaya untuk menyalahkan Rusia atas kematian personel militer Ukraina di dalam pesawat itu, kata Kemhan Rusia.

Sementara itu, Andriy Yusov, juru bicara intelijen militer Ukraina, pada Rabu mengatakan Ukraina sedang memeriksa laporan yang menyebutkan bahwa tawanan Ukraina berada di dalam pesawat IL-76.

Yusov juga mengatakan pertukaran tahanan dengan Rusia telah dibatalkan, menurut laporan Ukrayinska Pravda.

BACA JUGA: Menlu Retno Walk Out saat Israel Sampaikan Pernyataan di DK PBB, Ini Penjelasanya

"Saya dapat mengatakan bahwa pertukaran yang direncanakan untuk hari ini tidak akan dilakukan," kata Yusov seperti dikutip Ukrayinska Pravda.

Sebelumnya pada hari itu, kantor berita Interfax-Ukraina melaporkan pesawat IL-76 Rusia ditembak jatuh tak lama setelah lepas landas, menurut sumber yang berkaitan dengan Kemhan Ukraina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sama-sama Maju di Pilkada 2024, Komunikasi Kustini Dengan Danang Disebut Masih Tejalin Baik

Sleman
| Jum'at, 17 Mei 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement