Advertisement

Ekosistem dan Jejaring yang Luas, Kunci untuk Kembangkan Usaha

Abdul Hamied Razak
Senin, 04 Maret 2024 - 22:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Ekosistem dan Jejaring yang Luas, Kunci untuk Kembangkan Usaha Suasana Meet the Investors yang digelar Pengusaha Kreatif Jaya (PKJ) bersama dengan SDGs Financing Hub, The Tribes dan X1Z Combinator di Jogja Expo Center, Minggu (3/3 - 2024) ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Anak-anak muda yang sedang memulai berbisnis harus memahami cara untuk mengembangkan bisnisnya. Selain memperluas jejaring, pebisnis pemula juga dituntut untuk masuk dalam ekosistem sesuai dengan bisnis yang dijalani.

Salah satu kesempatan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan mengikuti kegiatan yang menunjang bisnis mereka. Seperti terlibat dalam ''Meet The Investors'' yang mempertemukan anak-anak muda dari industri kreatif dengan para investor dari dalam dan luar negeri.

Advertisement

BACA JUGA: Gunung Merapi Keluarkan 7 Kali Awan Panas dalam Kurun Waktu 30 Menit

Ketua Panitia Meet the Investors, Ridha Perwira mengatakan ajang tersebut digelar untuk menjembatani anak-anak muda yang ingin berbisnis dan mengembangkan usahanya. Kegiatan yang digelar Pengusaha Kreatif Jaya (PKJ) bersama dengan SDGs Financing Hub, The Tribes dan X1Z Combinator itu bertujuan membawa investor yang biasanya terpusat di Jakarta kepada komunitas pebisnis di Jogja.

"Dalam forum ini setidaknya ada 58 bisnis terpilih yang akan bertemu langsung dengan para investor. Kami berharap, mereka bisa mengembangkan usaha dan menularkan ke anak-anak muda lain di Jogja,'' ujar Ridha di sela kegiatan, Minggu (3/3/2024).

Dijelaskan Ridha, pebisnis pemula sering kali mengalami kendala seperti akses permodalan ataupun pemasaran. Dengan mengikuti kegiatan tersebut, ia berharap para pebisnis pemula bisa bertemu langsung dengan investor. Terlebih banyak ide bisnis yang muncul dari Jogja dengan segala komunitas kreatifnya.

"Ini menjadi langkah penting untuk memfasilitasi pertumbuhan bisnis dan industri kreatif di Jogja. Venture capital dan lembaga keuangan bisa langsung menghubungi talenta-talenta pengusaha daerah yang tidak kalah kreatifnya.

Founder Indmira & Jala Tech, Aryo Wiryawan mendorong agar anak-anak muda berani melakukan inovasi dan memperluas jejaring. Hal itu, katanya, menjadi salah satu kunci bagi pebisnis pemula untuk mengembangkan usahanya. "Dengan mempuas jaringan dan masuk ke dalam ekosistem para pebisnis pemula bisa mengetahui bagaimana ia mengembangkan usahanya," kata Aryo.

BACA JUGA: Menanam Sayuran, Menuju Mandiri Pangan

Hal tersebut diamini oleh Trihill Capital Community Lead, Jesslyn Gunawan. Menurutnya, banyak investor yang tertarik dengan talenta dan ide kreatif yang diusung anak-anak muda, khususnya di Jogja. "Karena itu tidak sedikit ide bisnis kreatif yang dijalankan bisa memperoleh pendanaan karena usaha kreatifnya berkembang," katanya.

Founder Pengusaha Kreatif Jaya, Hedar Alaydrus menyatakan dalam kegiatan Meet The Investor pihaknya menghadirkan berbagai venture capital dan lembaga nvestasi ternama antara lain Trihill Capital, OCBC Ventura, Telkomsel Ventures, Kejora Capital, Angin, SDGs/Yayasan Bina Swadaya, Foundry, PFAN, Bapenas SFH, Instellar, MDI Ventures, Meet Ventures, UMG IdeaLab, ACMF, dan DS / X Ventures.

''Kami harap ekosistem bisnis, jumlah profesional, perputaran ekonomi Jogja dan daya beli masyarakat bisa naik dengan berkembangnya anak-anak muda yang berbisnis di industri kreatif,'' harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Solo Jogja Jumat 3 Mei 2024, Berangkat dari Stasiun Palur Solo

Jogja
| Jum'at, 03 Mei 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement