Advertisement

Kolaborasi AMD-AMIKOM Tampilkan Inovasi Prosesor Mobile dan CPU Data Center AMD Kelas Dunia

Newswire
Selasa, 05 Maret 2024 - 23:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Kolaborasi AMD-AMIKOM Tampilkan Inovasi Prosesor Mobile dan CPU Data Center AMD Kelas Dunia Commercial Lead AMD Indonesia Brando Lubis bersama Wakil Rektor 4 Bidang Kerja Sama Nasional dan Internasional Universitas AMIKOM Yogyakarta Arief Setyanto di Amikom Jogja, Senin (4/3 - 2024). Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Di era digital saat ini, proses bisnis yang berjalan di segala sektor mulai dari manufaktur, kesehatan, pendidikan, hingga layanan publik tentu tak asing lagi dengan Artificial Intelligence (AI) sebagai salah satu pendorong dalam era transformasi industri.

Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan teknologi AI telah memberikan dampak signifikan tak terkecuali di Indonesia. Pada implementasinya, diperlukan integrasi proses bisnis dan sistem termasuk sumber daya dan teknologi sehingga transformasi AI pun menjadi optimal.

Advertisement

Brando Lubis selaku Commercial Lead AMD Indonesia mengatakan AI juga membawa manfaat bagi dunia pendidikan dan merupakan langkah awal yang penting baik bagi pengajar maupun siswa. Pemahaman sejak dini tentang AI dapat mengoptimalkan proses pembelajaran yang akan berdampak positif dan memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

BACA JUGA: BPPTKG Jelaskan Kondisi Gunung Merapi Usai 7 Kali Lontarkan Awan Panas Hari Ini

"AMD bersama Universitas AMIKOM Yogyakarta pun melakukan sinergi untuk berpartisipasi mendukung kualitas lulusan agar mampu bersaing di tengah gempuran persaingan ketat saat ini," kata Brando dikutip, Selasa (5/3/2024).

Sekadar informasi Universitas AMIKOM menjadi Universitas pertama yang mengaplikasikan AMD Ryzen 7000 series terbaru, dengan platform AM5, fabrikasi 5nm dan menggunakan memory DDR5. AMIKOM juga telah menggunakan solusi PC Desktop terbaik bertenaga AMD Ryzen mulai tahun 2018 dengan standar PC yang digunakan untuk lab minimal prosesor AMD Ryzen 7, dan sebagian lainnya menggunakan prosesor AMD Ryzen 9 dan Threadripper. Hingga kini, total lebih dari 500 PC dari berbagai lab bertenaga prosesor AMD.

"Kami mendukung penuh peningkatan kualitas Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer di Indonesia khususnya implementasi teknologi yang sejalan dengan komitmen AMD untuk terus berinovasi sehingga mampu mewujudkan sumber daya yang handal dibidangnya," ujarnya.

Tentu hal tersebut memerlukan dukungan banyak pihak di mana salah satu nya menggandeng Universitas AMIKOM agar dapat menjadi salah satu kampus terapan bagi kampus-kampus atau sekolah lain yang menekuni bidang Teknologi Informasi. Proses digitalisasi, katanya tak lepas dari pengembangan teknologi kecerdasan buatan/AI untuk mengoptimalisasi proses pengambilan keputusan.

"Inovasi teknologi kecerdasan artifisial / AI dapat digunakan untuk mempercepat waktu beban kerja, memperluas jangkauan, dan bahkan penurunan biaya operasional yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis dan pengguna," katanya.

Melihat perkembangan teknologi yang makin pesat, teknologi AI tetap menjadi teknologi yang menarik dan menjanjikan untuk dapat diterapkan di berbagai bidang dan memberikan manfaat bagi masyarakat. "Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada dan yang tak kalah penting adalah dengan mempersiapkan perangkat teknologi pendukung AI yang handal sehingga mampu memberikan kinerja optimal ditengah tuntutan beban komputasi yang tinggi pula," ujarnya.

Wakil Rektor 4 Bidang Kerja Sama Nasional dan Internasional Universitas AMIKOM Yogyakarta Arief Setyanto mengatakan Universitas AMIKOM Yogyakarta mengaplikasikan AMD Ryzen 7000 series terbaru, dengan platform AM5, fabrikasi 5nm dan menggunakan memory DDR5.

"Selain itu, AMIKOM juga telah menggunakan solusi PC Desktop terbaik bertenaga AMD Ryzen mulai tahun 2018 dengan standar PC yang digunakan untuk lab minimal prosesor AMD Ryzen 7, dan sebagian lainnya menggunakan prosesor AMD Ryzen 9 dan Threadripper. Hingga kini, total lebih dari 500 PC dari berbagai lab bertenaga prosesor AMD," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Pengukuran Lahan Terdampak Tol Jogja-YIA Dilakukan, Pakai Teknologi GPS Hasilnya Dijamin Akurat

Kulonprogo
| Kamis, 02 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement