Advertisement

Pemerintah Rancang Pengembangan Wisata di Ibu Kota Baru

Newswire
Sabtu, 23 Maret 2024 - 07:47 WIB
Ujang Hasanudin
Pemerintah Rancang Pengembangan Wisata di Ibu Kota Baru Proyek IKN - ist - Kementerian PUPR

Advertisement

Harianjogja.com, PENAJAM PASER UTARA—Pemerintah melalui Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) tengah merancang pengembangan pariwisata di kawasan Kota Nusantara yang dibangun di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Advertisement

"Tempat wisata yang ada di kawasan Kota Nusantara harus siap segera dirancang sebelum akhir 2024," kata Direktorat Kebudayaan, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif (Budparekraf) Kedeputian Sosial, Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN Muhsin Palinrungi, di Penajam, Jumat.

"Akan ada pariwisata expo, jadi ada daya tarik pada budaya kuliner, destinasi wisata dan juga aksesibilitas wisata di Kota Nusantara," katanya pula. Sehingga menjadikan pariwisata berkelanjutan yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, kata dia lagi, khususnya di delineasi Kota Nusantara, ibu kota negara masa depan Indonesia.

BACA JUGA: Kementerian PUPR Pastikan IKN Bebas Kawasan Kumuh

Budparekraf Kedeputian Sosial, Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN juga menggelar forum diskusi (focus group discussion/FGD) untuk mengembangkan sektor pariwisata yang ada di kawasan Kota Nusantara.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari itu, kata Muhsin Palinrungi, dihadiri para pelaku pariwisata, serta camat, lurah dan kepala desa di Kabupaten Penajam Paser Utara maupun Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Banyak terdapat objek wisata di Sepaku yang dapat dikembangkan menjadi penguat pariwisata Kota Nusantara," kata Camat Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Gamaliel Abimanyu Arliandito.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sunaryanta Minta Orang Tua Awasi Anak dari Ancaman Media Sosial

Gunungkidul
| Sabtu, 04 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement