Advertisement

Tim SAR Temukan Satu Jenazah Korban Longsor Cipongkor

Newswire
Rabu, 27 Maret 2024 - 15:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Tim SAR Temukan Satu Jenazah Korban Longsor Cipongkor Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) gabungan saat mengevakuasi korban tertimbun material longsor di Kampung Gintung, Desa Cicendo, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (27/3/2024). (Antara - Rubby Jovan)

Advertisement

Harianjogja.com, BANDUNG—Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) gabungan kembali menemukan satu jenazah korban yang tertimbun material longsor di Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Dari pengamatan visual, korban diduga masih anak-anak.

Kepala Seksi Operasi dan Siaga pada Kantor SAR Bandung, Supriono menyatakan jasad tersebut tidak ditemukan di lokasi longsor terjadi, melainkan di aliran Sungai Citarum, Kecamatan Cipongkor.

Advertisement

"Hari ini pukul 07.30 WIB, posko menerima informasi adanya penemuan jenazah yang mana ditemukan di aliran Sungai Citarum, Legok Tasrip. Dari pengamatan visual, jasadnya anak-anak," kata Supriono di Kabupaten Bandung Barat, Rabu (27/3/2024).

Baca Juga

Sembilan Warga Gintung Hilang karena Banjir dan Longsor

Segera Masuk Pancaroba, Angin Kencang, Banjir dan Tanah Longsor Perlu Diwaspadai di Bantul

Warga Berharap Jalur Longsor di Gedangsari Diperbaiki Secara Permanen

Supriono menjelaskan saat ini pihaknya sudah menerjunkan tim dengan personel Basarnas, BPBD serta TNI/Polri ke lokasi jasad tersebut ditemukan. Sementara tim lainnya bertugas ke lokasi longsor kejadian. "Tim kecil sudah diberangkatkan ke lokasi penemuan jasad tersebut untuk assessment dan evakuasi," kata dia.

Dia menyebut jasad tersebut kemungkinan besar merupakan jasad korban tertimbun longsor di zona 2 lokasi longsor Desa Cibenda yang menjadi fokus pencarian sepuluh korban tertimbun.

"Mudah-mudahan yang ditemukan ini korban yang berada di Sektor 2. Potensi ada (terbawa arus sungai), karena posisi rumah korban itu kan di atas sungai. Pada saat itu ada dorongan longsor sangat kuat jadi membuat korban terlempar ke sungai," katanya.

Setelah dievakuasi, kata dia, jasad yang ditemukan sekitar 20 kilometer dari last known position (LKP) itu akan langsung dibawa ke RSUD Cililin untuk proses identifikasi lebih lanjut.

"Kalau korban ini dipastikan yang di atas, artinya sampai saat ini sudah lima korban longsor Cipongkor yang ditemukan," katanya.

Sebelumnya, Tim SAR gabungan berhasil menemukan empat jasad korban di lokasi terjadinya longsor di Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, dengan ditemukan di titik yang saling berdekatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo di Mata Tetangga, Low Profile dan Aktif Jadi Pengurus RT

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement