Advertisement

Ini Dia Total 7 Tol yang Digratiskan Saat Mudik Lebaran, Salah Satunya Tol Jogja-Solo

Alifian Asmaaysi
Rabu, 27 Maret 2024 - 17:57 WIB
Arief Junianto
Ini Dia Total 7 Tol yang Digratiskan Saat Mudik Lebaran, Salah Satunya Tol Jogja-Solo Sejumlah kendaraan melintasi jalur fungsional Tol Solo-Yogyakarta di Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (21/12/2023). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan jalan tol yang beroperasi fungsional dan dibuka gratis saat Lebaran nanti bakal bertambah satu ruas.

Sebelumnya, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan, Endra S. Atmawidjaja, menuturkan terdapat enam ruas tol yang bakal dioperasikan gratis itu tersebar di wilayah Sumatra dan Jawa.

Advertisement

Namun, pemerintah berencana untuk menambah satu ruas tol yang menjadi bagian dari Tol Trans Sumatra yang juga akan difungsionalkan pada momen libur Lebaran 2024.

Dengan begitu, totalnya ada tujuh ruas jalan tol fungsional yang dibuka tanpa dikenai tarif tol alias gratis. "Kemarin saya menyebutnya sekitar enam ruas yang bisa difungsionalkan. Kalau ada satu ruas lagi [fungsional] ya bagus kan," kata Endra, Rabu (27/3/2024).

Nantinya, potensi penambahan satu ruas tol yang akan difungsionalkan tersebut masih menanti keputusan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dan Direktur Jenderal Bina Marga, Hedy Rahadian.

Apabila resmi disepakati, pemerintah bakal mengoperasikan tujuh ruas tol secara gratis. Dari ketujuh ruas itu, tiga di antara berada di wilayah Jawa dan sisanya ada di wilayah Sumatra.

Pembukaan ketujuh ruas tol fungsional ini sebelumnya disampaikan Anggota BPJT Unsur Masyakarat, Tulus Abadi. Dia mengatakan Jalan Tol fungsional merupakan jalan bebas hambatan yang berpotensi digunakan secara darurat, tetapi dapat dilalui para pengendara untuk sampai wilayah tertentu dengan waktu tempuh yang lumayan memangkas waktu perjalanan.

"Terdapat tujuh ruas jalan tol yang berpotensi untuk difungsionalkan yang ada di Pulau Jawa dan Pulau Sumatra pada saat arus mudik dan balik Lebaran nanti, di antaranya terdapat 3 ruas tol fungsional di Pulau Jawa dan 4 ruas tol fungsional di Pulau Sumatra," kata Tulus saat menjadi narasumber Forum Merdeka Barat 9 (FMB9), Senin (25/3/24).

Tulus mengatakan, selama melintasi Jalan Tol fungsional pada mudik Lebaran, saat memasuki dan keluar dari jalan tol pengendara tetap melakukan tapping pembayaran di gerbang tol dengan kartu uang elektronik.

"Pada jalan tol fungsional tetap diupayakan pada kesiapan perambuan, dan kondisi jalan yang diperhatikan kenyamanannya sebaik mungkin untuk pengendara melintas," ujarnya.

BACA JUGA: Proyek Tol Jogja-Bawen di Sleman Capai 73%, Begini Progres Konstruksinya

Adapun, kecepatan yang wajib ditempuh pengemudi biasanya dibatasi hanya maksimal 40 km/jam.

Hal ini dilakukan karena kondisi jalan belum mulus. Pasalnya, ketika kendaraan dipacu lebih dari 50 km/jam, jalanan tersebut akan dipenuhi debu maupun kondisi licin saat musim hujan, sehingga mengganggu jarak pandang hingga dapat membahayakan pengemudi lain di belakang.

Berikut daftar 7 ruas tol fungsional yang dibuka gratis saat Lebaran 2024:

  1. Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek) II Selatan dari arah Sadang ke Kutanegara sepanjang 8,5 km.
  2. Jalan Tol Yogyakarta - Solo, ruas Kartosuro - Karanganom (Klaten) sepanjang 22,3 km
  3. Jalan Tol Cimanggis - Cibitung untuk ruas Cikeas - Cibitung sepanjang 19 km
  4. Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi 2 Kuala Tanjung-Indrapura dan seksi 3 – 4 Sinaksak - Seribu Dolok sepanjang 56,6 km
  5. Jalan Tol Bangkinang - Tanjung Alai sepanjang 24,7 km
  6. Jalan Tol Indrapura - Kisaran seksi 2 Limapuluh - Kisaran sepanjang 32 km
  7. Tol Kayuagung - Palembang - Betung Seksi 3 sebagian (IC Musi Landas - Desa Sukamulya) sepanjang 21,2 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Regenerasi Koreografer, Kundha Kabudayan Sleman Gelar Lomba Cipta Tari DI MGM

Sleman
| Sabtu, 27 April 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement