Advertisement

Mudik Lebaran 2024, Batas Kecepatan Melewati Tol Jogja-Solo 40 Km per Jam

Taufiq Sidik Prakoso
Rabu, 27 Maret 2024 - 21:47 WIB
Maya Herawati
Mudik Lebaran 2024, Batas Kecepatan Melewati Tol Jogja-Solo 40 Km per Jam Foto Ilustrasi. Sejumlah rambu peringatan terpasang di pinggir jalur fungsional tol Solo-Yogyakarta di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (22/12/2023). PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) mulai mengoperasikan jalur fungsional tol Solo-Jogja untuk arus mudik liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 sehingga pengemudi dapat melewatinya melalui gerbang tol Banyudono dan gerbang tol Colomadu hingga Karanganom, Klaten. - Antara - Aloysius Jarot Nugroho

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN—Tol Jogja-Solo bakal dioperasikan secara fungsional pada arus mudik dan balik Lebaran 2024. Pemudik yang hendak melewati tol ini dibatasi kecepatan laju kendaraannya yaitu maksimal 40 Km per jam.

Tol Jogja-Solo fungsional bakal dioperasikan 11 hari mulai 5 April 2024. Panjang jalur tol yang dioperasikan mencapai 22 kilometer (km) dari Kartasura sampai Ngawen, Klaten, Jawa Tengah.

Advertisement

Pada 5-11 April 2024 atau arus mudik, tol fungsional dioperasikan dari arah Kartasura menuju Klaten. Sementara pada 12-15 April 2024 atau arus balik beroperasi dari arah sebaliknya atau Klaten menuju Kartasura.

Mengutip informasi dari akun Instagram (IG) @jasamargajogjasolo_official, sebagian ruas tol Solo-Jogja difungsikan untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2024. Jalur fungsional yang bisa dilalui para pemudik merupakan bagian dari pekerjaan tahap I yakni segmen Kartasura-Klaten.

Jalur fungsional yang dioperasikan pada Lebaran nanti lebih panjang 9 km dibandingkan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) lalu. Pada libur Nataru jalur fungsional hanya sepanjang 13 km.

“Untuk fungsionalisasi pada arus mudik Lebaran 2024 kami rencanakan minimal (para pemudik) dari Solo sudah bisa exit di Kecamatan Ngawen, Klaten dengan waktu tempuh hanya 25 menit,” tulis penjelasan pada unggahan akun Instagram PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), seperti dikutip dari Solopos.com jaringan Harianjogja.com Selasa (26/3/2024).

BACA JUGA: Cegah Kecelakaan Laut, Objek Wisata Pantai di Gunukidul Mulai Dipetakan

Arus lalu lintas di jalur fungsional berlaku satu arah dengan menggunakan satu jalur. Jenis kendaraan yang boleh melewati tol fungsional masih sama seperti sebelumnya yakni dibatasi hanya golongan 1 atau kendaraan roda empat nonbus dan nontruk. Jam operasional jalur fungsional yakni pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. Para pemudik bisa memasuki tol fungsional Solo-Jogja melalui beberapa akses.

Akses Keluar Masuk

Pada periode masa mudik, pemudik dari jalur tol Trans Jawa dapat langsung melanjutkan perjalanan ke jalur fungsional melalui Gerbang Tol Colomadu sampai keluar di gerbang tol Karanganom, Desa Kuncen, Kecamatan Ceper, atau gerbang tol Klaten di Desa/Kecamatan Ngawen.

Sedangkan pemudik dari jalan arteri baik dari arah Solo maupun Boyolali dapat masuk melalui gerbang tol Banyudono untuk tujuan tol Trans Jawa maupun tol fungsional Solo-Jogja.

General Manager Lahan dan Utilitas PT JMJ, Muhammad Amin, mengatakan konstruksi tol yang akan dilewati saat fungsional Lebaran terus disiapkan. “Nanti dioperasikan satu arah saja. Kecepatan maksimal masih sama dengan saat Nataru [40 km/jam],” jelas Amin, Selasa (26/3/2024).

Amin menjelaskan warga yang melintasi tol fungsional bisa keluar melalui gerbang tol Kuncen maupun Ngawen. Artinya, dua gerbang tol tersebut bakal dibuka selama tol beroperasi fungsional.

Sebelumnya, Direktur Teknik PT JMJ, Pristi Wahyono, mengatakan saat ini penyiapan jalur fungsional masih terus dilakukan. “Saat ini teman-teman sedang berjibaku menyiapkan janji-janji yang kami sampaikan. Kami akan membuka jalur sebagai jalur Lebaran dari masuk Kartasura sampai Ngawen, Klaten,” kata Pristi saat ditemui wartawan di Pemkab Klaten, Kamis (21/3/2024) sore.

“Ini akan kami siapkan semaksimal mungkin supaya bisa dinikmati para pemudik atau siapa pun. Sekarang masih berjuang teman-teman meski waktu tinggal dua pekan ini. Tetapi teman di sana menyampaikan tetap optimistis,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Meninggal Karena Sakit Paru Kronis

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement