Advertisement

Para Bupati Diminta Jaga Stabilitas Ekonomi dan Keamanan Jelang Lebaran 2024

Newswire
Kamis, 28 Maret 2024 - 11:27 WIB
Ujang Hasanudin
Para Bupati Diminta Jaga Stabilitas Ekonomi dan Keamanan Jelang Lebaran 2024 Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sebanyak 416 bupati yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) diminta untuk menjaga stabilitas ekonomi dan keamanan di daerah masing-masing menjelang Lebaran.

"Terutama (menyangkut) bahan pangan dan lain-lain," kata Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (28/3/2024)

Advertisement

Selain menjaga pasokan bahan pangan, Mendagri juga mengimbau pemerintah daerah (pemda) untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan dalam arus mudik Lebaran.

Oleh karena itu, pemda diminta untuk memastikan standar keamanan dan keselamatan pada transportasi umum dijalankan dengan benar. Misalnya, ketersediaan pelampung sebagai fasilitas wajib pada kapal-kapal penyeberangan.

"Siapkan pelampung. Jadi mohon betul ini wajibkan pelampung, cek terminal dan pelabuhan untuk siapkan pelampung. Ini habit di negara-negara maju sudah dilakukan," tegasnya.

BACA JUGA: Tol Jogja-Solo Beroperasi Gratis untuk Mudik Lebaran 2024, Ini Ketentuan Mobil Melintas dan Pintu Keluar Masuknya

Selain itu, Mendagri juga mengingatkan bahwa kecelakaan pada angkutan laut kerap terjadi akibat kelebihan beban atau muatan (overload). Untuk itu, ia mewanti-wanti para bupati agar melakukan pengawasan dengan baik agar arus mudik berjalan lancar.

Sebagai informasi, dalam acara itu hadir Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Hendrar Prihadi, Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Apkasi Adnan Purichta Ichsan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Menhub Budi Karya Ajak Masyarakat Manfaatkan Kereta Bandara YIA

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement