Advertisement

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

Media Digital
Jum'at, 29 Maret 2024 - 11:07 WIB
Ujang Hasanudin
Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

Advertisement

SEMARANG – PLN siap melayani dan memudahkan masyarakat menggunakan kendaraan listrik selama Ramadan dan Lebaran 2024 di Jawa Tengah. Selain dari sisi pasokan listrik, PLN juga melakukan penambahan jumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) termasuk di hampir semua Rest Area Tol Jawa Tengah baik dari arah Surabaya ataupun Jakarta.

Sebanyak 40 unit electric vehicle (EV) Charger dikebut pembangunannya oleh PLN untuk dipasang pada 19 titik lokasi Rest Area dan direncanakan sudah beroperasi sebelum arus mudik Lebaran 2024.

Advertisement

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta, Mochamad Soffin Hadi mengungkapkan dengan penambahan SPKLU ini PLN siap mendukung mobilisasi masyarakat yang akan menggunakan kendaraan listrik sebagai pilihan akomodasi jarak jauh. Soffin menambahkan hal ini juga menjadi bukti komitmen PLN untuk mewujudkan percepatan Net Zero Emissions (NZE) melalui penguatan ekosistem kendaraan listrik.

“PLN siap mendukung ekosistem kendaraan listrik dengan memberikan kemudahan bagi pengguna yang akan melintas di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Target kami, pada bulan Ramadhan ini penambahan 40 unit EV Charger sudah mulai operasi sehingga total terdapat 98 unit EV Charger pada 56 titik lokasi SPKLU di Jawa Tengah dan DIY yang sudah siap melayani masyakarat, termasuk SPKLU di Rest Area di Tol Jawa Tengah.” ungkap Soffin.

BACA JUGA: Mudik Lebaran Pakai Mobil Listrik, Ini Lokasi SPKLU di Tol Trans Jawa dan Terdekat dengan Tol Jogja-Solo

Soffin menuturkan bahwa sejalan dengan program pemerintah untuk mengembangkan penggunaan kendaraan listrik, PLN terus menggenjot pembangunan infrastruktur pendukung charging EV Sebelumnya, hingga Februari 2024, di wilayah Jateng DIY telah terpasang sebanyak 58 unit EV Charger pada 40 titik lokasi SPKLU di Jawa Tengah dan DIY, termasuk 7 unit EV Charger pada 4 titik lokasi Rest Area Jawa Tengah.

Selain itu, PLN juga memberikan kemudahan bagi pengguna kendaraan listrik dengan hadirnya fitur SPKLU dalam PLN Mobile. Aplikasi yang bisa diunduh dan dipasang di handphone ini mempunyai fitur untuk mengakses lokasi SPKLU terdekat dan mengoperasikannya.

“PLN selain menyediakan SPKLU, juga memudahkan pengguna untuk mengaksesnya. Pengguna hanya cukup membuka aplikasi PLN Mobile di handphone kemudian bisa menemukan lokasi SPKLU terdekat. Pengoperasian EV Charger juga tinggal klik dari aplikasi PLN Mobile.” pungkas Soffin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Meninggal, Kemendikbudristek: Penyair Legendaris Tuai Beragam Penghargaan

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement