Advertisement

Hujan Berkepanjangan di Puncak Gunung Karangetang, Banjir Material Vulkanik Ancam 5 Desa di Siau

Newswire
Jum'at, 29 Maret 2024 - 21:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Hujan Berkepanjangan di Puncak Gunung Karangetang, Banjir Material Vulkanik Ancam 5 Desa di Siau Gunung Karangetang di Pulau Siau, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara . Antara

Advertisement

Harianjogja.com, MANADO—Hujan berkepanjangan di puncak Gunung Karangetang, di Pulau Siau, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara berpotensi terjadinya banjir material vulkanik ke lima desa setempat.

"Pos Pengamatan Gunung Api Karangetang dalam tetap mengimbau warga tetap waspada apabila hujan berkepanjangan karena berpotensi terjadinya banjir material vulkanik," ujar Ketua Pos PGA Karangetang, Yudia P Tatipang di Manado, Jumat (29/3/2024).

Advertisement

 Dia menyebutkan potensi banjir material vulkanik dapat terjadi manakala material erupsi yang berada di puncak Gunung Karangetang runtuh dan meluncur bersamaan hujan dalam durasi panjang.

Saat hujan deras, ada enam sungai atau kali yang berhulu dari puncak Karangetang sehingga desa atau kelurahan yang berada di daerah hilir berpotensi terdampak banjir material vulkanik.

"Kami merekomendasikan agar masyarakat yang tinggal di sekitar aliran atau melintasi sungai/kali berhati-hati saat hujan deras dalam durasi yang cukup lama. Material vulkanik bisa saja turun bersamaan dengan hujan," ujarnya.

Baca Juga

Gunung Karangetang Keluarkan Asap Setinggi 200 Meter

Gunung Karangetang Luncurkan Lava, Belasan KK Dievakuasi

PVMBG Pantau Guguran Lava Erupsi Gunung Karangetang

Dia menjelaskan di sektor timur ada tiga sungai atau kali yang melintas daerah permukiman warga. Sungai Batu Awang melintasi Kelurahan Bebali, Kecamatan Siau Timur, kemudian Sungai Kahetang melintasi permukiman di Kelurahan Tarorane (Kecamatan Siau Timur) dan Sungai Keting melintasi Kelurahan Tatahadeng (Kecamatan Siau Timur).

Sementara di sektor kata Yudia, ada aliran Sungai Pangi dan Sungai Nanitu yang melintasi Desa Nanitu, Kecamatan Siau Barat serta Sungai Timbelang yang melintasi Desa Lehi (Kecamatan Siau Barat).

Gunung Karangetang di Pulau Siau erupsi efusif pada Februari 2023. Material erupsi yang menumpuk di puncak atau badan gunung berpotensi runtuh manakala terjadi hujan deras dalam waktu lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Minggu 28 April 2024, Harga Tiket Rp20 Ribu

Jogja
| Minggu, 28 April 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement