Advertisement

Travel Gelap Kejar Setoran Biang Laka di Cipali

Newswire
Rabu, 10 April 2024 - 17:47 WIB
Sugeng Pranyoto
Travel Gelap Kejar Setoran Biang Laka di Cipali Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menggelar open house, Rabu (10/4/2024).-JIBI/Bisnis Indonesia - Lorenzo A. Mahardhika

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Travel ilegal atau travel gelap dituding menjadi salah satu pemicu dalam kecelakaan maut yang terjadi di KM 58 Tol Jakarta ‐ Cikampek pada Senin (8/4/2024).
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan terdapat beberapa hal yang menjadi temuan pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dari hasil evaluasi kasus kecelakaan tersebut. Salah satunya adalah praktik travel gelap yang dilakukan pada salah satu kendaraan yang terlihat kecelakaan, yakni Daihatsu Gran Max. "Pertama, pengemudi itu [GranMax] letih karena dia mondar-mandir kejar setoran, dan kendaraannya kelebihan muatan. Kemudian, itu juga illegal," ujar Budi pada acara Halal Bihalal Kementerian Perhubungan di Gedung Kemenhub, Jakarta pada Rabu (10/4/2024).

BACA JUGA:Urai Kepadatan Arus Balik Lebaran 2024, Menhub Usulkan WFH Serentak Minggu Depan

Advertisement

Berdasarkan fakta tersebut, kata Menhub, pihaknya telah berkoordinasi dengan Korlantas Polri agar dapat memeriksa legalitas para penyedia jasa angkutan. Ia menuturkan Kepolisian akan melakukan razia terhadap para penyedia jasa angkutan untuk memberantas praktik travel gelap.
Selain itu, dia juga meminta masyarakat untuk lebih cermat dalam memilih penyedia jasa angkutan penumpang. Pasalnya, hal ini dapat berpengaruh terhadap pemberian asuransi atau santunan jika kendaraan yang ditumpangi mengalami kejadian atau insiden. "Saya Minta buat para pemudik jangan naik yang seperti itu [travel gelap]. Kalau itu kecelakaan atau bikin problem lain bisa tidak dapat asuransi," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Antisipasi Konvoi Kelulusan Pelajar, Polres Bantul Bakal Gelar Patroli

Bantul
| Minggu, 05 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement