Advertisement

Rosalia Indah Kecelakaan, Menhub Siapkan Sanksi

Newswire
Jum'at, 12 April 2024 - 02:37 WIB
Sugeng Pranyoto
Rosalia Indah Kecelakaan, Menhub Siapkan Sanksi Kecelakaan tunggal Bus Rosalia Indah terjadi pada Kamis sekitar pukul 06.30 WIB di KM 370 ruas Tol SemarangBatang, Kamis (11/4/2024). - Harian Jogja - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sanksi menanti pengelola bus Rosalia Indah yang terlibat kecelakaan maut di Tol Batang-Semarang pada Kamis (11/4/2024). Sebanyak 7 penumpang meninggal dunia dalam insiden kecelakaan bus tersebut.
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut sudah menerbitkan aturan bagi pengendara sopir bus untuk mencegah terjadinya kecelakaan saat libur lebaran 2024.
Menurut Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, sejumlah hal yang sudah diatur oleh kementerian adalah sopir yang tidak boleh berkendara lebih dari 8 jam. “Berkaitan dengan sopir lengah sebenarnya sudah ada beberapa kita atur bahwa supir tidak boleh mengendarai lebih dari 8 jam. Kalau lebih, berarti salah. Tentu akan ada ketentuan yang berlaku bagi pemilik daripada bus,” kata Menhub seperti dikutip dari akun Instagram @divisihumaspolri, menanggapi kecelakaan Bus Rosalia Indah, Kamis (11/4/2024).
Menhub, menambahkan beberapa lokasi seperti Surabaya telah diberlakukan pemeriksaan bagi para sopir yang hendak mengendarai kendaraan umum, di antaranya adalah pemeriksaan tekanan darah, hingga narkoba. Ia pun mengimbau agar para pengemudi termasuk kendaraan pribadi lebih berhati-hati saat berkendara, dan melakukan istirahat apabila mengantuk atau bahkan merasa pegal.

BACA JUGA: Ungkap Penyebab Kecelakaan Tol Japek, KNKT Nyatakan Granmax Travel Tidak Resmi

Advertisement

Seperti diberitakan sebelumnya, rentetan kecelakaan maut terjadi saat arus mudik mulai dari bus Rosalia Indah di KM 370 ruas Jalan Tol Semarang-Batang, hingga Granmax yang disebut travel tidak resmi mengalami insiden kecelakaan di ruas KM 58 Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek).
Kakorlantas Polri Irjen Pol., Aan Suhanan menjelaskan dugaan sementara kecelakaan lalu lintas bus Rosalia Indah di KM 370 ruas Jalan Tol Semarang-Batang akibat pengemudi yang kelelahan. "Fakta di lapangan ini belum ditemukan jejak rem kemudian keterangan dari saksi terutama pengemudi bis ini keterangannya dari awal sedang lelah. Artinya kemungkinan terjadi microsleep di TKP sehingga terjadi kecelakaan tunggal," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kunjungan Wisata di Sleman Nyaris 2 Juta Orang hingga April 2024

Sleman
| Minggu, 05 Mei 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement