Advertisement

Puncak Arus Balik di Merak Diperkirakan Terjadi Mulai Sabtu Ini

Newswire
Sabtu, 13 April 2024 - 03:57 WIB
Galih Eko Kurniawan
Puncak Arus Balik di Merak Diperkirakan Terjadi Mulai Sabtu Ini Foto udara sejumlah kendaraan terjebak macet di depan pintu masuk Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Minggu (7/4 - 2024). / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Puncak arus balik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, diprediksi terjadi pada Sabtu-Minggu, 13-14 April 2024.

Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim menuturkan untuk arus balik sudah ada penerapan pengamanan mulai dari Jumat (12/4/2024) dan kemungkinan puncak arus balik akan terjadi pada Sabtu dan Minggu di Bakahueni dan Merak.

Selain itu, Polda Banten juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas saat arus balik dari Sumatra melalui Pelabuhan Merak. Dua lajur di Merak yaitu Cikuasa Atas dan Cikuasa Bawah di kawasan Merak akan dibuka untuk arus balik.

“Jadi untuk Cikuasa Atas digunakan untuk kendaraan bus dan kendaraan pribadi yang langsung menuju Tol Merak-Tangerang. Sedangkan untuk Cikuasa Bawah digunakan bagi roda dua melalui jalur arteri,” katanya seperti dikutip dari Antara, Sabtu.

Dengan adanya rekayasa lalu lintas saat arus balik dari Sumatera di Pelabuhan Merak diharapkan juga kepada pemudik dapat mengerti terkait dengan mekanisme arus balik yang telah disiapkan oleh Polda Banten.

Berdasarkan data posko Merak mencatat, total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera mulai dari H-7 hingga H tercatat 835.718 orang atau naik 5% dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 796.123 orang.

Dan untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 196.287 unit atau naik 11% dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 176.621 unit.

Untuk total penumpang yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa mulai dari H-7 hingga H tercatat 313.965 orang atau naik 3% dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 304.869 orang. Untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 59.013 unit atau naik 6 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 55.795 unit.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Ibu-Ibu Dikenalkan Bisnis Sampingan

Bantul
| Senin, 06 Mei 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement