Advertisement

Besok, Perkiraan Puncak Arus Balik Lebaran di Bandara Kualanamu

Newswire
Sabtu, 13 April 2024 - 08:17 WIB
Galih Eko Kurniawan
Besok, Perkiraan Puncak Arus Balik Lebaran di Bandara Kualanamu Bandara Kualanamu, Sumatra Utara. - Harian Jogja - ist

Advertisement

Harianjogja.com, MEDAN—Perkiraan Kantor Otoritas Bandara Wilayah II Medan menyebutkan puncak arus balik pemudik Lebaran 2024 di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatra Utara terjadi pada Minggu dan Senin (14-15/4/2024).

“Perkiraan kami jatuh pada 14 -15 April 2024, terutama Minggu malam hari,” kata Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah II Medan, Sokhib Al Rokhman, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (13/4/2024).

Advertisement

Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu 2024 Bandara Internasional Kualanamu juga memperkirakan sekitar 30.800 pemudik akan melakukan perjalanan arus balik pada hari itu.

Sebagian besar pesawat membawa penumpang tujuan rute domestik, yakni Cengkareng (CGK), Batam (BTH), Pekanbaru (PKU), dan sisanya rute internasional meliputi Kuala Lumpur (KUL) dan Penang (PEN).

Data Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu 2024 Bandara Internasional Kualanamu menunjukkan bahwa puncak arus mudik sebanyak 28.710 orang penumpang dengan menggunakan 90 pesawat terjadi pada Sabtu (6/4).

“Diprediksi sekitar 30.800 orang pada puncak arus balik kali ini berdasarkan data tiket yang sudah terjual di maskapai. Memang tantangannya lebih besar arus balik Lebaran 2024,” kata Sokhib.

Pihaknya di beberapa titik telah melakukan antisipasi penumpukan penumpang, di antaranya di terminal domestik dan internasional. Terkait dengan hal itu penumpang diimbau menggunakan mesin check-in mandiri, dan fasilitas check-in daring telepon pintar.

Kemudian pada tempat pemeriksaan keamanan (security check point) dan ruang tunggu maskapai dengan melakukan rekayasa agar tidak terjadi penumpukan penumpang akibat keterlambatan pesawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lonjakan Kasus DBD, Dinas Kesehatan DIY Belum Adakan Rapid Test

Jogja
| Senin, 06 Mei 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement