Advertisement

Arus Balik Lebaran, Pelabuhan Merak Siagakan 3 Kapal

Newswire
Sabtu, 13 April 2024 - 17:37 WIB
Galih Eko Kurniawan
Arus Balik Lebaran, Pelabuhan Merak Siagakan 3 Kapal Foto udara sejumlah kendaraan terjebak macet di depan pintu masuk Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Minggu (7/4 - 2024). / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kementerian Perhubungan menyiagakan tiga armada kapal penyeberangan rute Pelabuhan Panjang-Ciwandan untuk mengantisipasi kepadatan antrean arus balik pemudik di Pelabuhan Bakauheni dan Merak.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan tiga kapal tersebut merupakan milik negara dan swasta beroperasi selama 12 April hingga 18 April 2024 dengan rute Panjang-Ciwandan.

Advertisement

Secara terperinci, tiga kapal yang disiapkan dari Pelabuhan Panjang, yakni KMP Panorama Nusantara dan KMP ALS Elvina pada 12 April 2024, serta KMP Panorama Nusantara, KMP ALS Elvina, dan KMP Amadea pada 13-18 April 2024.

Untuk jadwal keberangkatan kapal dari Pelabuhan Panjang, yakni pukul 12.00 WIB, 14.00 WIB, dan 16.00 WIB. Selain itu, masyarakat juga dapat memanfaatkan bantuan armada kapal kenavigasian KN. Edam dan kapal patroli KPLP KN. Trisula di ruas penyeberangan Panjang-Ciwandan.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan layanan ini dengan tertib dan mematuhi aturan yang berlaku,” ujar Budi dalam keterangannya, seperti dikutip dari Bisnis.com, Sabtu (13/4/2024).

Kendati begitu, Budi menegaskan armada kapal yang dioperasikan untuk rute Panjang-Ciwandan hanya diperuntukan bagi kendaraan sepeda motor dan mobil kecil. Sementara itu, truk tiga sumbu dilarang beroperasi sementara selama arus balik pemudik.

Budi menilai pemaksimalan pelabuhan alternatif tidak hanya dapat mengurai kepadatan pemudik di Pelabuhan Merak, tapi juga memberikan efisiensi waktu tempuh menuju Kota Bandar Lampung menjadi lebih singkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Ibu-Ibu Dikenalkan Bisnis Sampingan

Bantul
| Senin, 06 Mei 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement