Advertisement

Kejagung Berperan sebagai Penopang Kepuasan Publik atas Kinerja Presiden

Newswire
Minggu, 21 April 2024 - 23:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Kejagung Berperan sebagai Penopang Kepuasan Publik atas Kinerja Presiden Kantor Kejaksaan Agung / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kejaksaan Agung berperan sebagai penopang tingginya tingkat kepuasan publik (approval rating) terhadap kinerja Presiden Joko Widodo dalam bidang hukum.

“Penegakan hukum yang dilakukan Kejaksaan Agung berkontribusi besar terhadap tingginya approval rating Presiden Jokowi,” kata Pakar Hukum Pidana Universitas Al Azhar Indonesia Prof Suparji Ahmad saat menghadiri rilis survei Indikator Politik Indonesia bertajuk Presepsi Publik atas Penegakan Hukum, Sengketa Pilpres di MK dan Isu-isu terkini Pascapilpres berlangsung secara virtual dipantau dari Jakarta, Minggu (21/4/2024).

Advertisement

Kejaksaan Agung di bawah komando Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin, kata Suparji, berhasil mengembalikan kepercayaan publik terhadap penegakan hukum di Tanah Air.

Berdasarkan hasil survei Indikator dilakukan dalam rentang 4-5 April 2024, menempatkan 1.201 responden yang diwawancarai melalui sambungan telepon, dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen, mencatat approval rating Jokowi pada bulan ini mengalami kenaikan menjadi 77,2 persen.

Baca Juga

Kejagung Perkirakan Kerugian Negara Akibat Korupsi PT Timah Lebih Besar dari Asabri

Kejagung Sita 687 Juta Lembar Saham Milik Jasa Penunjang Tambang Terkait Kasus Jiwasraya dan Asabri

Kejagung Tetapkan Harvey Moeis Suami Artis Sandra Dewi Jadi Tersangka Korupsi Timah

Adapun tingkat kepercayaan publik terhadap Kejaksaan mencapai 74,7 persen. Suparji menilai, tingginya public trust Kejaksaan sudah berlangsung tahunan.

“Keberhasilan Kejaksaan dalam penegakan hukum di Tanah Air layak diapresiasi. Kita juga berharap Jaksa Agung ST Burhanuddin tetap dipertahankan karena kontribusinya terhadap negara, terutama dalam konteks penegakan hukum, pemulihan keuangan negara, juga menjaga stabilitas,” kata Suparji.

Sementara itu, Indikator juga memotret kenaikan persepsi publik terkait kondisi penegakan hukum. Di sisi lain, dalam survei Indikator, Kejaksaan Agung menjadi lembaga penegak hukum yang paling dipercaya publik.

“Mayoritas responden, 77,2 persen, puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo,” kata Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja Solo dari Stasiun Tugu Jogja, Minggu 5 Mei 2024

Jogja
| Minggu, 05 Mei 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement