Advertisement

Wakil Presiden Dijadwalkan Membuka Rakernas Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting

Media Digital
Kamis, 25 April 2024 - 10:27 WIB
Maya Herawati
Wakil Presiden Dijadwalkan Membuka Rakernas Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin, dijadwalkan akan menghadiri sekaligus membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting, Kamis (25/4 - 2024). / ist

Advertisement

JAKARTA—Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin, dijadwalkan akan menghadiri sekaligus membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting, Kamis (25/4/2024). Rakernas ini diselenggarakan  secara luring di Auditorium BKKBN RI, Jakarta, juga secara daring dan melalui channel Youtube.

Rakernas yang digelar  Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) ini mengusung tema Optimalisasi Bonus Demografi dalam Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Menuju Indonesia Emas 2045. Diikuti 3.317 peserta, antara lain dari mitra kementerian/lembaga (K/L), mitra kerja terkait, mitra kerja internasional, dan organisasi profesi.

Advertisement

Akan hadir sebagai pembicara adalah Prof. dr. Fasli Jalal, Sp.GK, Ph.D. (Rektor Universitas YARSI); Prof. Sri Moertiningsih Adioetomo (Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia); Prof. Dr. dr. Abdul Razak Thaha, M.Sc, Sp.GK (Guru Besar FKM Universitas Muhammadiyah Jakarta);  Dr. Ir. Suprayoga Hadi, M.S.P (Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan, Sekretariat Wakil Presiden).

Keynote Speech akan disampaikan oleh Wakil Presiden dalam rakernas yang akan mengangkat bahasan tentang Optimalisasi Bonus Demografi dalam Peningkatan Kualitas SDM Menuju Indonesia Emas 2045 dan Akselerasi Penurunan Stunting 2024.

Pelaksanaan kegiatan Rakernas BKKBN pada 25 April 2024 juga akan diisi dengan Launching SIDAK Stunting 2024 & Kick Off Verval Keluarga Risiko Stunting (KRS) 2024, Penyerahan Sertifikat Hasil Penilaian Kematangan SIBER berbasis Cyber Security Maturity (CSM) dari BSSN untuk BKKBN.

Akan dilakukan pula  penyerahan Sertifikat Akreditasi Program Pelatihan Teknis Bidang Kependudukan dan KB, Launching Tagline MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang), dan Pengukuhan Pengurus AKU (Asosiasi Kelompok UPPKS).

BACA JUGA: Jadwal Proliga 2024 Kamis 24 April, Pertandingan Pertama LavAni vs Garuda Jaya

Rakernas kali ini bertujuan meningkatkan sinergitas pemangku kepentingan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, Keluarga Berencana (Bangga Kencana) baik di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota serta para mitra strategis BKKBN. Sinergitas ini dalam upaya mengoptimalkan pemanfaatan bonus demografi sebagai variabel utama dalam upaya peningkatan kualitas SDM guna menuju Indonesia emas di tahun 2045.

Berikutnya, forum rakernas juga dimaksudkan untuk melakukan evaluasi atas capaian program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting serta merumuskan strategi dan rencana kerja/rencana aksi kegiatan prioritas tahun 2024. Termasuk membahas implementasi dan pemanfaatan hasil Pemutakhiran PK22, sebagai basis data dan strategi pencapaian sasaran kinerja dan penurunan angka stunting di Indonesia.

Penyelenggaraan program Bangga Kencana sendiri mengacu pada Undang-undang nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

Sebagai bentuk pelaksanaan atas tugas dan fungsi, BKKBN menyusun program dan kegiatan di bidang pembangunan keluarga, seperti peningkatan ketahanan keluarga balita dan anak, ketahanan remaja dan ketahanan lanjut usia serta pemberdayaan ekonomi keluarga.

Di bidang kependudukan, antara lain dalam hal kerjasama pendidikan kependudukan, pemaduan kebijakan pengendalian penduduk, perencanaan pengendalian penduduk serta analisis dampak kependudukan.

Sementara  di bidang keluarga berencana meliputi program dan kegiatan peningkatan akses dan kualitas pelayanan kontrasepsi, penyediaan alat dan obat kontrasepsi yang merata di seluruh wilayah dan fasilitas kesehatan. Termasuk penggerakan pelayanan keluarga berencana di wilayah kumuh, miskin dan rentan. Juga kegiatan dalam rangka meningkatkan kesehatan reproduksi bagi pasangan usia subur. 

Dalam periode Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan Rencana Strategis BKKBN tahun 2020-2024, terdapat Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, di mana Kepala BKKBN mendapatkan mandat sebagai Ketua Pelaksana.

Implementasi atas Perpres tersebut secara teknis dijabarkan dalam Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Stunting (RAN PASTI). Arahan Presiden dan Wakil Presiden, prevalensi stunting di Indonesia turun hingga 14% pada akhir  2024.

Dalam mengimplementasikan berbagai program dan kegiatan tersebut, BKKBN menetapkan visi dan misi pada Rencana Strategis (Renstra) 2020-2024, yakni Terwujudnya Keluarga Berkualitas dan Pertumbuhan Penduduk yang Seimbang, guna mendukung tercapainya Indonesia Maju yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian berlandaskan Gotong Royong. Kepala Perwakilan BKKBN DIY Andi Ritamariani hadir pada rakernas ini bersama Sekretaris Zainal Arifin. (***)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja Solo dari Stasiun Tugu Jogja, Minggu 5 Mei 2024

Jogja
| Minggu, 05 Mei 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement