Advertisement

Bandara Sam Ratulangi Kembali Ditutup Pasca Erupsi Gunung Ruang di Sulut

Newswire
Selasa, 30 April 2024 - 13:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Bandara Sam Ratulangi Kembali Ditutup Pasca Erupsi Gunung Ruang di Sulut Abu vulkanik dan awan panas menyebar ke segala arah akibat aktivitas erupsi yang terjadi di Gunung Ruang yang terletak di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, Selasa (30/4/2024). Antara - HO/PVMBG

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Gunung Ruang di Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara kembali meletus pada Selasa (30/4/2024) dini hari. Dampak letusan tersebut, Bandara Internasional Sam Ratulangi (Samrat) pun ditutup.

Rencananya, Bandara Samrat akan ditutup hingga hari Rabu (1/5/2024) pukul 12.00 Wita, akibat semburan abu vulkanik Gunung Ruang.

Advertisement

BACA JUGA: Status Bandara Internasional Adi Soemarmo Dicabut, Kini Hanya Layani Domestik

"Kami telah memperpanjang penutupan Bandara Samrat hingga besok siang," kata GM Bandara Samrat Maya Damayanti, dikutip dari Antara, Selasa.

Dia mengatakan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Otoritas Bandara, BMKG dan semua pemangku kepentingan untuk keselamatan bersama. Penutupan bandara harus dilakukan demi keselamatan penerbangan.

Hingga saat ini, ada ribuan penumpang yang harus menunda keberangkatan dari dan menuju Manado akibat semburan abu vulkanik Gunung Ruang.

Dia mengatakan sesuai dengan rilis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gunung Ruang Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, masih menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik.

BACA JUGA: Erupsi, Gunung Ruang Keluarkan Abu Vulkanik Setinggi Lima Kilometer

Pasca erupsi pada Selasa dini hari, letusan dan awan panas Gunung api Ruang masih terjadi hingga Selasa pagi pukul 08:48 WITA.

Diketahui, berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental yang menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas vulkanik, maka tingkat aktivitas Gunung Ruang dinaikkan dari Level III (Siaga) menjadi Level IV (AWAS) terhitung mulai tanggal 30 April 2024 pukul 01.30 WITA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : ANTARA

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Pilkada 2024, DPC Partai Gerindra Gunungkidul Terima 12 Pendaftar

Gunungkidul
| Selasa, 21 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement