Advertisement

Hari Kedua Perundingan Gencatan Senjata, Perang Israel-Hamas Masih Buntu

Aprianus Doni Tolok
Minggu, 05 Mei 2024 - 21:17 WIB
Arief Junianto
Hari Kedua Perundingan Gencatan Senjata, Perang Israel-Hamas Masih Buntu Ilustrasi warga Palestina melintas di jalan yang dikelilingi bangunan yang hancur akibat serangan Israel di Kota Khan Younis, Jalur Gaza Selatan. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Para pemimpin Hamas menggelar perundingan gencatan senjata hari kedua dengan mediator Mesir dan Qatar pada Minggu (5/5/2024).

Sayangnya, keinginan Hamas mengakhiri perang di Gaza, Palestina lewat perundingan itu muskil terwujud. “Kesepakatan harus mengakhiri perang dan mengeluarkan pasukan Israel dari Gaza dan mereka belum berkomitmen dan bersedia melakukannya,” kata pejabat itu kepada Reuters.

Advertisement

Israel menginginkan kesepakatan untuk membebaskan setidaknya beberapa dari sekitar 130 sandera yang disandera oleh Hamas. Akan tetapi seorang pejabat Israel mengisyaratkan pada Sabtu (4/5/2024) bahwa perjanjian apapun tidak akan mengakhiri perang sebelum Hamas dihancurkan.

Pejabat Palestina lainnya mengatakan kepada Reuters bahwa perundingan tersebut menghadapi tantangan karena Israel menolak berkomitmen terhadap gencatan senjata komprehensif.

BACA JUGA: Truk Bantuan Kemanusiaan Dibom Israel di Gaza, 9 Orang Tewas

Ketika perundingan terbaru sedang berlangsung, warga dan pejabat kesehatan mengatakan pesawat dan tank Israel terus menggempur wilayah kantong Palestina sepanjang malam, menewaskan dan melukai beberapa orang.

Sumber-sumber Mesir mengatakan Direktur CIA, William Burns yang juga terlibat dalam perundingan gencatan senjata sebelumnya, tiba di Kairo pada Jumat lalu.

Israel telah memberikan persetujuan awal terhadap persyaratan yang mencakup pengembalian antara 20 hingga 33 sandera dengan imbalan pembebasan ratusan tahanan Palestina dan gencatan senjata selama beberapa minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Solo-Jogja, Berangkat dari Palur Minggu 19 Mei 2024

Jogja
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement