Advertisement

Progres Pembangunan Kantor Presiden di IKN Capai 80 Persen, Istana Negara 67 Persen

Newswire
Selasa, 07 Mei 2024 - 06:27 WIB
Ujang Hasanudin
Progres Pembangunan Kantor Presiden di IKN Capai 80 Persen, Istana Negara 67 Persen Progres pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Kaltim, Senin (6/5/2024). (ANTARA - Muzdaffar Fauzan)

Advertisement

Harianjogja.com, KALIMANTAN TIMUR-Progres pembangunan Istana Negara dan Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur saat ini sudah memasuki pengerjaan arsitektural interior. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

"Istana itu sudah 67 persen, nanti Juni sudah selesai, sekarang sudah pengerjaan arsitektural, pekerjaan interior, ukiran, dan sebagainya. Sedangkan Kantor Presiden itu sudah 80 persen lebih. Jadi semuanya insya Allah selesai pada bulan Juni," kata dia saat meninjau infrastruktur Kawasan Istana Presiden (KIP) di IKN, Senin.

Advertisement

Dirinya menyampaikan secara garis besar barang yang dijadikan sebagai interior di Istana Negara maupun Kantor Presiden berasal dari dalam negeri, seperti Lampu dan ukiran yang berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB), serta daerah lainnya.

Sedangkan menurut dia hanya sebagian kecil barang impor yang diinstalasi dengan tujuan untuk menambah kewibawaan dari sebuah istana.

"Kecuali ada lantai labradorite itu dari Afrika, hanya untuk menunjukkan kewibawaan istana," ujar dia.

BACA JUGA: Biaya Pembangunan IKN Mencapai Rp72,1 Triliun dari APBN

Istana Negara dan Kantor Presiden tersebut dilengkapi dengan sistem tata udara pintar, sistem penerangan otomatis, sistem air bersih, sistem pembuangan limbah, kamera pengawas, sistem deteksi kebakaran ,serta sistem pembuangan sampah pintar.

Sebagai informasi dalam Proyek Kantor Presiden, terdapat lobi utama, ruang rapat kabinet, ruang audiensi, serta ruang konferensi pers.

Sebelumnya Menteri PUPR Basuki menyampaikan progres pengerjaan lapangan upacara di Ibu Kota Nusantara (IKN) kini sudah mencapai 90 persen.

Menurut dia dari progres pengerjaan yang terlaksana, pihaknya menargetkan lapangan yang akan digunakan sebagai lokasi Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus mendatang tersebut, akan rampung pada bulan Juni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sleman Kekurangan Ribuan Hewan Kurban, Butuh Pasokan Daerah Lain

Sleman
| Minggu, 19 Mei 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement