Advertisement

Viral Tawaran Jadi Buzzer Bea Cukai dengan Tarif Rp100 Juta Per Video, Berikut Klarifikasi dari DJBC

Feni Freycinetia Fitriani
Rabu, 08 Mei 2024 - 12:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Viral Tawaran Jadi Buzzer Bea Cukai dengan Tarif Rp100 Juta Per Video, Berikut Klarifikasi dari DJBC Layanan Electronic Customs Declaration (e-CD) yang berada di bandar udara. Layanan ini memudahkan bagi penumpang yang baru saja datang dari luar negeri. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Video influencer Bima yang membeberkan tawaran agensi Bea Cukai melalui akun TikTok miliknya @awbimax dengan harga Rp100 juta untuk per video menjadi viral. Namun hal itu dibantah oleh Bea Cukai.

Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan mengklarifikasi soal kontak atau tawaran yang ditujukan kepada Bima melalui agensi untuk menjadi buzzer.

Advertisement

Ditjen Bea Cukai menegaskan tidak pernah adanya tawaran atau kontak yang diberikan kepada yang bersangkutan. Bahkan, Bea Cukai tidak pernah meminta agensi atau pihak ketiga untuk mengajak influencer Bima untuk bekerja sama.

BACA JUGA: Jokowi Bantah Pemerintah Mengajukan Percepatan Pelaksanaan Pilkada 2024

Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa Nirwala Dwi Heryanto menyampaikan Bea Cukai tidak pernah menyewa influencer menjadi buzzer tetapi pernah bekerja sama untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Kami tidak menggunakan jasa buzzer untuk mendiskreditkan opini masyarakat khususnya terkait apa yang tengah ramai diperbincangkan belakangan ini. Namun, kami pernah bekerja sama dengan beberapa influencer dalam mengedukasi masyarakat terkait layanan kepabeanan dan cukai," ujar Nirwala, dikutip dari keterangan resmi Kemenkeu DJBC pada Rabu (8/5/2024).

Nirwala menambahkan tujuan dari kerja sama dengan influencer tersebut adalah untuk menjangkau masyarakat secara luas dan menyederhanakan informasi supaya mudah untuk dipahami.

“Layaknya organisasi lain yang memahami pentingnya peran media sosial dan influencer dalam membantu menyebarkan dan menyederhanakan informasi yang kami miliki, kami juga turut mengoptimalkan penggunaan fungsi-fungsi tersebut,” ujarnya.

BACA JUGA: 

Selain itu, Bea Cukai juga secara aktif untuk terus memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat supaya dapat mengerti peran Bea Cukai serta layanan kepabeanan dan cukai.

Pihak Bea Cukai juga menyampaikan terima kasih atas masukan, saran, dan informasi dari masyarakat supaya pelayanan yang telah diberikan dapat lebih sempurna.

"Kami memiliki komitmen untuk terus memberikan edukasi dan sosialisasi bersama dengan stakeholder yang merupakan salah satu bagian dari pelayanan Bea Cukai yang berkualitas," imbuhnya.

Pihak Bea Cukai juga selalu terbuka untuk menerima terkait masukan dan saran dari masyarakat yang dapat dilakukan melalui berbagai platform media sosial, termasuk mengakses layanan Bravo Bea Cukai 1500225, akun media sosial Instagram @BeaCukaiRI, akun X @bravobeacukai, dan Facebook Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Generasi Muda DIY Harus Dibekali Pendidikan Karakter yang Mumpuni

Sleman
| Minggu, 19 Mei 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement