Advertisement

Gelombang Panas Melanda Asia, Ini Dampaknya di Indonesia Menurut BMKG

Ahmadi Yahya
Rabu, 08 Mei 2024 - 15:07 WIB
Maya Herawati
Gelombang Panas Melanda Asia, Ini Dampaknya di Indonesia Menurut BMKG Ilustrasi cuaca ekstrem / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAGelombang panas atau heatwave melanda beberapa negara di Asia belakangan ini. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) ada beberapa faktor penyebab.  

Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG Fachri Radjab mengungkapkan berdasarkan laporan dari Vietnam bahwa suhu maksimum terjadi di beberapa wilayah bagian utara dan tengah yang tembus menyentuh di angka 44 derajat celcius.

Advertisement

"Gelombang panas juga melanda Filipina sehingga pemerintah setempat mengambil tindakan untuk meliburkan sekolah-sekolah," ujar Fachri Radjab, Rabu (8/5/2024). Berikut ini penyebab gelombang panas yang melanda beberapa negara di Asia:

Gerakan Semu Matahari Akhir April dan Awal Mei

Fachri menjelaskan gerakan semu matahari yang terjadi di akhir April dan awal Mei 2024 posisinya berada di atas lintang 10 derajat Lintang Utara dan ini bertepatan dengan wilayah-wilayah di Asia Tenggara daratan.

"Akibatnya, gerakan semu matahari tersebut membuat penyinaran matahari menjadi sangat terik dan memberikan background kondisi yang panas," ucapnya.

BACA JUGA: Santap Hidangan Hajatan, Puluhan Warga di Sleman Keracunan

Anomali Iklim El Nino 2023/2024

Fachri menyebutkan hal ini dengan disertakan analisis data historis yang memperlihatkan ketika terjadi El Nino, wilayah di Asia Tenggara daratan akan menghadapi anomali suhu hingga menyentuh di angka 2o di atas normal pada periode Maret-April-Mei.

Pengaruh Pemanasan Global

Pengaruh pemanasan global menjadi dugaan penyebab dari adanya pemanasan global sehingga menyebabkan suhu terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Faktor-faktor di atas menjadi penyebab suhu udara di wilayah Asia Tenggara menjadi sangat ekstrem pada April-Mei tahun 2024. Fachri berharap gelombang panas yang melanda di Asia ini tidak terjadi di Indonesia. "Mudah-mudahan situasi tersebut tidak terjadi di Indonesia," ujar Fachri.

Dampak ke Indonesia

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menegaskan cuaca panas yang melanda Indonesia pada akhir-akhir ini bukan disebabkan oleh gelombang panas atau heatwave.

Dia menyebutkan cuaca panas tersebut tidak dapat dikategorikan sebagai gelombang panas, hal ini berdasarkan indikator statistik pengamatan suhu yang dilakukan oleh BMKG.

Dwikorita menyampaikan memang adanya gelombang panas yang tengah melanda beberapa negara di Asia. Namun, Indonesia tidak menghadapi gelombang panas tersebut.

"Memang betul, saat ini gelombang panas sedang melanda berbagai negara Asia, seperti Thailand dengan suhu maksimum mencapai 52°C. Kamboja, dengan suhu udara mencapai level tertinggi dalam 170 tahun terakhir, yaitu 43°C pada minggu ini. Namun, khusus di Indonesia yang terjadi bukanlah gelombang panas, melainkan suhu panas seperti pada umumnya," ungkap Dwikorita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Terbaru! Jadwal KRL Jogja-Solo Senin 20 Mei 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Senin, 20 Mei 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement