Advertisement

Seorang Pekerja di Riau Tewas Diterkam Harimau Saat Menyemprot Gulma, BBKSDA Lakukan Mitigasi

Arif Gunawan
Sabtu, 11 Mei 2024 - 22:57 WIB
Lajeng Padmaratri
Seorang Pekerja di Riau Tewas Diterkam Harimau Saat Menyemprot Gulma, BBKSDA Lakukan Mitigasi Harimau Sumatra. - Bisnis Indonesia/Andi Rambe

Advertisement

Harianjogja.com, PEKANBARU—Serangan harimau menewaskan seorang pekerja bernama Rahmad (26) di lahan Hutan Tanaman Industri (HTI) Petak 466 Blok L PT SPA Desa Tanjung Simpang Kecamatan Pelangiran, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau.

Balai Besar Konservasi dan Sumberdaya Alam (BBKSDA) Riau melakukan upaya mitigasi, pascakonflik manusia dan satwa harimau. Kepala BBKSDA Riau Genman Suhefti Hasibuan SHut MM mengatakan, kegiatan mitigasi dilakukan pada Jumat (10/5/2024) setelah pihaknya menerima laporan kejadian.

Advertisement

“Mitigasi ini dilakukan tim BKSDA Riau bersama pihak perusahaan di lokasi kejadian,” ujarnya Sabtu (11/5/2024) dikutip dari Bisnis.com.

Ia menjelaskan kronologi pekerja tewas diserang harimau tersebut. 

Diketahui korban datang ke lokasi bersama kedua rekannya, Rahman dan Alwi, untuk melakukan penyemprotan gulma di lahan perkebunan Akasia PT SPA, Kamis (9/5/2024) siang sekitar pukul 13.00 WIB.

BACA JUGA: Viral Pengasuh Terpaksa Rawat Balita Tanpa Gaji Setelah Orang Tua Kabur Bawa Pinjaman

“Saat bekerja di lokasi korban dan temannya langsung melakukan pekerjaannya dengan kondisi terpisah antara satu dengan yang lainnya. Sehingga sekitar pukul 14.00 WIB Rahman dan Alwi tiba-tiba mendengar suara Rahmad berteriak minta tolong. Sehingga kedua saksi langsung mencari sumber suara,” terangnya.

Namun, saat sumber suara ditangani, saksi tidak ditemukan, dan di sekitar terdapat jejak atau tapak kaki harimau. Selanjutnya, kedua saksi langsung melaporkan temuan mereka ke Kantor Pengelola dan bertolak ke lokasi melakukan pencarian terhadap korban.

“Hasil pencarian korban ditemukan dalam kondisi meninggal dengan kondisi ditemukan sejumlah luka di antaranya ada lima luka bekas gigitan pada leher dan pada bagian telinga. Kemudian, tangan korban sebelah kanan hilang (putus) serta ada luka lecet pada bagian kaki korban,” ungkapnya.

Kemudian, jasad korban langsung dievakuasi ke klinik Merawang. Korban lalu dibawa ke rumah duka Penyalai Kecamatan Kuala Kampar Kecamatan Pelalawan untuk dimakamkan.

BACA JUGA: Geger 'Manusia Kardus' Beraksi Curi Tabung Gas di Seyegan Sleman

Terkait upaya mitigasi, Genman menerangkan prosesnya, yaitu tim gabungan melaksanakan pengecekan lapangan dan melakukan identifikasi, lalu pemasangan kamera trap. Setelah melakukan pengecekan di lapangan dan identifikasi serta pemasangan kamera trap, tim gabungan melanjutkan sosialisasi dan edukasi kepada para pekerja di lapangan, bagaimana cara menghindari konflik dengan satwa seperti harimau.

Selain itu, tim BKSDA Riau juga memberikan arahan dan imbauan kepada pihak perusahaan agar menerapkan standar operasional (SOP) mitigasi interaksi negatif harimau secara ketat. Sedangkan hasil pengecekan yang dilakukan diketahui bahwa lokasi kejadian berada pada habitat harimau sumatera dengan populasi yang cukup besar.

“Namun, secara legalitas lokasi tersebut bisa ditanami oleh pemegang konsesinya,” ucap Genman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Gugatan Caleg Partai Ummat Ditolak, Daftar Anggota DPRD Kota Jogja Terpilih Segera Ditetapkan

Jogja
| Kamis, 23 Mei 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement