News

Publik Perlu Menentang Isu SARA dalam Politik

Penulis: MG Noviarizal Fernandez
Tanggal: 02 Mei 2018 - 07:00 WIB
Massa dengan papan bergambar lambang partai yang tergabung dalam Jaringan Daerah Tolak Angket KPK melakukan aksi simpatik di depan gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (19/7). Mereka mengajak masyarakat agar menolak memilih partai politik dan anggota DPR pendukung hak angket terhadap KPK pada pemilu serentak 2019. - ANTARA/M Agung Rajasa

Harianjogja.com, JAKARTA—Organisasi Vox Populi mengajak publik menentang penggunaan isu suku agama ras dan antargolongan (SARA) dalam dunia politik demi menciptakan iklim politik yang sehat.

Sekretaris Jenderal Vox Populi Institute (Vox Point) Indonesia, Lidya Natalia Sartono menyatakan pihaknya menolak keras kampanye yang menggunakan isu SARA, kampanye hitam dan ujaran kebencian dalam Pilkada 2018 dan Pilpres 2019.

Selain itu, tuturnya, Vox Point juga menolak keras penyebaran berita bohong, intimidasi dan mobilisasi massa yang menimbulkan ketakutan dan tekanan atas kebebasan pemilih.

“Kami menolak tegas terhadap siapapun dan kelompok manapun yang mau melemahkan bahkan menggantikan ideologi negara Pancasila dengan idelogi lain, menolak radikalisme dan fundamentalisme agama,” ujarnya, Selasa (1/5/2018).

Menurutnya, Vox Point bertekad untuk aktif melakukan komunikasi dengan berbagai elemen di masyarakat untuk membangun persaudaraan kebangsaan, melawan segala macam bentuk politisasi SARA dan berbagai upaya yang memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kami menyerukan semua warga negara untuk menggunakan hak pilih dan tidak golput. Seruan ini kami sampaikan dalam rangka membudayakan prilaku politik bermartabat, adil, cinta damai, jujur, transparan, mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa di bawah Pancasila,” tegasnya.

Pihaknya menyerukan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) di semua tingkatan untuk proaktif mendatangi dan mendaftar calon pemilih tanpa diskriminasi, politisasi dan manipulasi.

"Kami juga menyerukan Badan Pengawas Pemilu maupun organisasi nonpemerintah dan perorangan untuk memantau dan mengawasi Pilkada secara ketat dan menghadap setiap tindak pelanggaran Pilkada atau pemilu ke ranah hukum untuk ditindak tegas," paparnya.

Organisasi Vox Point Indonesia merupakan wadah perhimpunan bagi para awam Katolik yang terpanggil untuk terlibat dalam kegiatan sosial politik di Indonesia. Mereka baru saja menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) perdana pada 29 April-1 Mei 2018 di Wisma Samadi, Klender, Jakarta Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Berita Terkait

Penceramah Tamanan: Kami Minta Maaf telah Membuat Warga Terganggu
Soal Pertemuan Megawati dengan Jokowi, Hasto Minta Tanya Langsung ke Ari
Prabowo Bertemu SBY, Ini yang Dibahas
Gerindra Akui Sudah Berkomunikasi dengan PKB

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Ramai-ramai Ajukan Amicus Curiae, Ini Pengaruhnya di Sengketa Pilpres 2024
  2. KPU Jateng Gelar Rakor Syarat Dukungan Paslon Perorangan pad Pilgub 2024
  3. H+9 Lebaran, Pelabuhan Tanjung Perak Masih Dipadati Penumpang Arus Balik
  4. Bertahap, Pemindahan ASN ke IKN Dilakukan hingga 2029

Berita Terbaru Lainnya

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang
Ingin Kawal Demokrasi, Barikade 98 Mengajukan Diri Jadi Amicus Curiae dalam Sengketa Pilpres
Tok! MK Bacakan Putusan Hasil Sengketa Pilpres pada Senin 22 April Mendatang
Pengakuan Warga Kota Isfahan, Terkait Kabar Israel Serang Iran
Iran Bantah Penyebab Hancurnya Gedung Pembangkit Listrik Israel
Gunung Ruang Erupsi, Penutupan Operasional Bandara Sam Ratulangi Diperpanjang
2 Pesawat Penerbangan Sipil Ini Langsung Putar Haluan Hindari Serangan Israel ke Iran
Ledakan di Isfahan Diklaim Karena Sistem Pertahanan Iran Aktif, Bukan Akibat Rudal Israel
KPK Bakal Periksa Bupati Sidoarjo Hari Ini
Amankan Aksi Demo di Jakarta, Ribuan Personel Gabungan Polri, TNI dan Dishub Diterjunkan