HomeNews

CEK FAKTA: Foto Sandiaga Uno dengan Romahurmuziy di Penjara Ternyata Editan

Oleh:Newswire
26 Maret 2019 - 13:37 WIB

Sandiaga Uno. - Antara

Harianjogja.com, JOGJA-- Media sosial Facebook heboh dengan beredarnya foto Calon Wakil Presiden (Cawapres) Sandiaga Uno dan mantan Ketua Umum PPP, Romahurmuziy atau Romi yang sedang foto bersama. Foto itu diunggah oleh akun Dien Cahyani Hayati Ningrum.

Postingan dalam grup FB Hallo Presiden & Wakil Presiden RI itu, tampak foto Sandiaga berada di luar sel penjara. Sementara Romi berada di dalam selnya.

Postingan foto tersebut, juga ditambahkan narasi oleh akun Dien Cahyani yang berbunyi: "Ada yang ngaku berteman sama ahok,tapi gak pernah jenguk ahok ke dalam selnya. Sekarang ngaku berteman ama Romi,kok juga belum menjenguk Romi sih? Dibohongi satu kali itu rasanya sakit sekali,tapi rela dibohongi 2 kali itu hanya orang gila yang kuat. Dan saya bukan orang kuat,silakan kalian saja yah ?”.

Setelah dilakukan penelusuran melalui mesin pencari, tidak ditemukan foto Sandiaga bersama Romi tersebut yang diberitakan oleh media arus utama yang dapat dipertanggungjawabkan.

Meski begitu, foto Sandiaga yang dibagikan akun FB Dien yang memegang handphone dengan menggunakan kaos berkerah berwarna putih ditemukan pada foto yang beredar di media.

Berita tersebut di tayangkan pada Selasa 14 Maret 2017, dengan keterangan fotonya adalah Sandiaga Uno sedang mencontohkan cara swafoto yang benar kepada anggota komunitas Jasmed di Jalan Bangka Buntu II, Pela Mampang, Jakarta Selatan.

Sementara foto Romi sendiri yang berada di dalam sel penjara tidak ditemukan pada pemberitaan media arus utama. Meski diketahui Romi telah ditahan oleh pihak KPK atas kasus dugaan suap jual beli jabatan Kakanwil Kemenag Jawa Timur.

Akun FB Dien kemudian menuliskan pada kolom komentarnya mengatakan “Foto di atas itu saya upload hanya sebagai pemanis saja. Tak ada hubungannya dengan tulisan saya.”

Meski demikian, dalam kategori misinformasi/disinformasi yang dibuat First Draft, postingan akun FB Dien Cahyani Hayati Ningrum, masuk dalam kategori konten yang menyesatkan. Foto Sandi dan Romi yang terlihat berada di kawasan sel penjara adalah hasil editan.

Sumber: Okezone.com Tag: Cek Fakta Editor: Nina Atmasari

Artikel Terkait
CEK FAKTA: Inul Daratista Meninggal Dunia karena Kecelakaan? 2 weeks ago

Berita Pilihan

Mulai 1 Januari 2022, Ini Kebijakan Pajak Penghasilan Terbaru Ayah Vanessa Angel Siap Polisikan Para Haters Mahfud Salah Tulis 2022 Jadi 2032 saat Ucapkan Tahun Baru, Warganet Bereaksi.. Kota Semarang Banjir saat Malam Pergantian Tahun Baru Pergantian Tahun Baru 2022 di Kota Magelang Kondusif
Berita Terbaru
Pandemi Belum Berakhir, Paguyuban Tionghoa Tebar 18.690 Paket Sembako di Banyumas 5 hours ago
Update Covid 19: Kasus Baru 2.927 7 hours ago
Heboh Kerangkeng Manusia Di Rumah Bupati Langkat 7 hours ago
Minyak Goreng Rp14.000 Dijual di Pasar Mulai Pekan Ini 8 hours ago
Invasi Rusia di Depan Mata, AS Perintahkan Keluarga Staf Kedubesnya Tinggalkan Ukraina 11 hours ago

Terpopuler

Pemberontak Myanmar Serang Kantor Polisi dan Bunuh Belasan Anggota Keamanan Warga Magelang Jadi Tersangka Penerbangan Balon Udara Berisi Petasan KECELAKAAN LION AIR: Angkasa Pura I Selidiki Arahan ATC JT 960 5 Mapala UMY Taklukkan Gunung Elbrus Kesadaran Berasuransi Mulai Meningkat saat Pandemi
Wow! Akan Ada Tol Bawah Air Menuju IKN Nusantara 13 hours ago
Dikaitkan dengan Calon Pemimpin IKN, Ini Karya Arsitektur Ridwan Kamil 14 hours ago
Azis Syamsuddin Dituntut 4 Tahun 2 Bulan Penjara, Hak Politik Dicabut 15 hours ago
Terungkap! Ini Temuan Sementara Investigasi Kecelakaan Balikpapan 17 hours ago
Akhir Januari, Matahari Terlambat Terbenam. Di Jogja Jadi Jam Segini... 18 hours ago