HomeNews

Pendaki Gunung Piramid yang Hilang Ditemukan, #Thoriq Jadi Trending Topic

Oleh:Mia Chitra Dinisari
06 Juli 2019 - 09:47 WIB

Harianjogja.com, JAKARTA--Thoriq Rizky, pendaki gunung Piramid di Bondowoso yang hilang sejak 25 Juni 2019 lalu, dikabarkan telah diketemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Thoriq hilang di Gunung Piramid sejak Selasa (25/7/2019) saat mendaki bersama tiga temannya.

Hal itu diketahui dari tagar #Thoriq yang muncul menjadi trending topik di twitter hari ini yang jumlahnya mencapai lebih dari 16.000 cuitan.

Salah satu cuitan berasal dari paranormal Mbah Mijan yang mengucapkan duka atas meninggalnya Thoriq.

"Innalillahiwainnailaihirojiun, turut berduka atas meninggalnya Thoriq Rizky Maulidan. Thoriq adalah remaja yang hilang saat mendaki Gunung Piramid Bondowoso. Terimakasih atas kerja keras semua pihak hingga menemukan jasadnya," tulisnya 

Selain itu, komunitas Wanadri atau Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri adalah organisasi kegiatan alam bebas yang berkedudukan di Bandung, Indonesia juga menyiarkan rilis melalui akun instagram pribadinya.

Berikut pernyataan mereka.

RILIS PERS DITEMUKANNYA SURVIVOR THORIQ DI GUNUNG PIRAMID 
Survivor atas nama Thoriq Rizki Maulidan yang hilang di Gunung Piramid Bondowoso, sejak Minggu, 23 Juni 2019 telah ditemukan pada tanggal 5 Juli 2019 pukul 15.30 WIB oleh Tim SAR Wanadri, Gema Mahapeta Univ. Bondowoso (GMPT), Relawan Brigadir Penolong, dan Tim SAR Gabungan, dengan kondisi sudah tidak bernyawa saat ditemukan, inna lillahi wa inna ilaihi raj’iun. Sebelumnya pencarian survivor Thoriq sudah dilakukan sejak tanggal 24 Juni 2019 dan ditutup pada 30 Juni 2019 secara resmi. 
Tim SAR Susulan Wanadri yang berangkat pada 30 Juni 2019, dengan niat ingin melaksanakan misi kemanusiaan, masih memiliki harapan bahwa survivor masih dapat ditemukan. Dengan segala upaya dan pendekatan, Tim Wanadri bersama beberapa Tim SAR Gabungan di lapangan yang masih ingin melakukan pencarian meminta izin kepada keluarga survivor untuk kembali dilakukan pencarian. Setelah proses perizinan keluarga dan instansi pemerintah, akhirnya tanggal 3 Juli 2019 pencarian kembali dilakukan dengan izin keluarga survivor dan instansi pemerintahan terkait. 
Sejak Kamis, 4 Juli 2019, Tim SAR Gabungan mulai bergerak untuk melakukan pencarian survivor kembali. Kabar dari anggota Wanadri Eko Wahyu Prasetyo (5/7), survivor telah ditemukan di Gunung Piramid bagian Selatan dengan kondisi sudah tidak bernyawa. “Melihat dari terjalnya medan tempat ditemukannya survivor, diduga survivor terjatuh dan terperosok lalu tersangkut di batang pohon,” ujar Eko pada Bidang Operasional Wanadri di Bandung. “Selanjutnya survivor akan dievakuasi mulai Sabtu (6/7) pagi dengan bantuan tim evakuasi medan terjal yang sudah memiliki standar keamanan evakuasi,” pungkasnya. 
Dengan ditemukannya survivor, kami mengucapkan terima kasih atas semua dukungan dari segala pihak yang telah membantu proses pencarian dari awal sampai akhir dan doa dari seluruh masyarakat Indonesia. Mari kita doakan proses evakuasi berjalan dengan lancar dan semoga almarhum Thoriq Rizki Maulidan diterima di sisi Allah SWT, juga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. 
Terima kasih. Jasamu abadi! 

Sumber: bisnis.com Tag: pendaki Editor: Bernadheta Dian Saraswati

Artikel Terkait
Besok Rabu 22 Januari 2020, Pendakian Gunung Sindoro Dibuka Kembali 1 year ago
Pendakian Everest Diperketat 1 year ago
Menegangkan, Seperti Ini Detik-Detik Evakuasi 13 Pendaki di Gunung Raung 2 years ago
7 Pendaki Asal Singapura yang Terjebak Kebakaran Gunung Raung Ditemukan, Begini Kondisinya 2 years ago
Benarkan Mendaki di Gunung Rinjani Akan Dipisah Antara Tenda Laki-Laki dan Perempuan? 2 years ago

Berita Pilihan

Cegah Covid-19, TNI Bagi-bagi Masker ke Warga Papua Hasil Survei: Kepercayaan Publik ke Polri Tertinggi Sedekade Terakhir Masyarakat Diajak Lakukan 4T untuk Mencegah Stunting Tak Ada Kasus Positif saat Uji Petik Antigen, Sekolah di Klaten Diklaim Aman Waspada, Omicron Semakin Dekat! Singapura Sudah Catatkan 2 Orang Positif
Berita Terbaru
Dampak Omicron Bisa Bahayakan Ekonomi Indonesia 30 minutes ago
Pemerintah Batal Terapkan PPKM Level 3 Seluruh Indonesia saat Nataru 1 hour ago
Mahasiswa Korban Pelecehan Seksual Dosen Unsri Bertambah Jadi 4 Orang 2 hours ago
Komisaris KSI Tantang Erick Thohir Taruhan Rp1 Miliar 2 hours ago
Satgas Covid-19 Sebut Tingkat Kepatuhan Memakai Masker & Menjaga Jarak Membaik 4 hours ago

Terpopuler

Pemberontak Myanmar Serang Kantor Polisi dan Bunuh Belasan Anggota Keamanan Warga Magelang Jadi Tersangka Penerbangan Balon Udara Berisi Petasan KECELAKAAN LION AIR: Angkasa Pura I Selidiki Arahan ATC JT 960 5 Mapala UMY Taklukkan Gunung Elbrus Kesadaran Berasuransi Mulai Meningkat saat Pandemi
Begini Curhat Pilot Pesawat yang Terbang di Sekitar Gunung Semeru 5 hours ago
Bantuan Mulai Berdatangan, Warga Terdampak Semeru Diharapkan Segera Bangkit 6 hours ago
Milenial Dominasi Pinjaman Online, Nilainya Rp15 Triliun 9 hours ago
Ini Tren Dunia Kerja pada 2022 11 hours ago
Niryono, Bapak Randy Bagus Minta Maaf 12 hours ago