HomeNews

Program Global Qurban ACT Salurkan Daging pada Prasejahtera, Wilayah Konflik, dan Bencana

Oleh:Salsabila Annisa Azmi
12 Juli 2019 - 14:37 WIB

Peluncuran program Global Qurban ACT di Lumbung Ternak Wakaf (LTW) Desa Sambong, Blora, Jawa Tengah, Kamis (11/9/2019). - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi

Harianjogja.com, BLORA - Menyambut Idul Adha 2019, Global Qurban-Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Global Qurban dengan mengangkat tema Dermawan Berqurban, Berkahnya Bahagiakan Dunia. Melalui program ini, seluruh masyarakat bahkan di pelosok negeri dapat menerima manfaat kurban.

Vice Presiden ACT Ibnu Khajar mengatakan pada tahun ini ACT akan menyalurkan 100.000 kurban setara kambing yang akan menyasar 34 provinsi di Indonesia. Selain itu, penyaluran hewan kurban ACT akan menjangkau 50 Negara serta menyapa 7.500.000 penerima manfaat warga prasejahtera, wilayah konflik, dan bencana.

Ibnu mengatakan setiap orang yang berkurban dalam Global Qurban dapat berkurban dengan harga Rp1,65 Juta per ekor kambing. "Dengan harga itu kami berharap dengan kurban yang semakin terjangkau ini seluruh masyarakat Indonesia bisa mampu melaksanakan ibadah kurban," kata Ibnu dalam acara Peluncuran Global Qurban di Lumbung Ternak Wakaf (LTW) Desa Sambong, Blora, Jawa Tengah, Kamis (11/9/2019).

Presiden Global Qurban ACT, Hafit T Mas'ud, mengatakan pada implementasi program Global Qurban 2018 di Desa Nanggela, Tana Toraja, masyarakat yang sejak 50 tahun lalu tidak pernah merasakan Qurban akhirnya dapat menerima daging olahan Qurban berkat Global Qurban.

"Selain itu Somalia negara dengan angka kemiskinan hingga level 82% juga menjadi salah satu target Global Qurban," kata Hafit.

Dari data sebelumnya, pada tahun 2012 hingga tahun 2018 total penerima manfaat qurban di Global Qurban ACT mencapai 6.774.927 penerima dengan hewan kurban sebanyak 94.543.

Persebaran hewan kurban ada di 223 kabupaten atau kota di seluruh tanah air serta menjangkau 45 negara bahkan negara-negara yang kini tengah mengalami konflik kemanusiaan seperti di Palestina, Suriah, dan Yaman.

Hafit mengatakan dengan mengangkat tema Dermawan Kurban Berkahnya Bahagiakan Dunia, ACT berharap kedermawanan pekurban mampu membawa berkah dan kebahagiaan bagi seluruh muslim di dunia terutama mereka yang membutuhkan. Selain itu momentum korban ini semoga menjadi di sarana ibadah mendekatkan diri kepada Allah.

Tag: Idul Adha, advetorial Editor: Nina Atmasari

Artikel Terkait
Wadah Besek, Didik Siswa Kurangi Sampah Plastik 2 years ago
Setelah Iduladha, Penggilingan Daging Sapi di Sleman Diserbu Warga 2 years ago
Begini Cara Menyimpan Daging Kurban yang Benar 2 years ago
Abu Janda Sorot Cara Anies Sembelih Sapi, Warganet: Jagal Sapi Aja Jangan Jagal APBD 2 years ago
Jasa Kurban Digital Meningkat Signifikan 2 years ago

Berita Pilihan

KPI Jadi Sorotan Lagi, Kali Ini soal Tayangan Polisi Ngotot Periksa HP Warga Demokrat Kubu AHY Benarkan Moeldoko Bagi-bagi Duit Rp25 Juta dan HP La Nina Diprediksi Terjadi Akhir Tahun, BMKG: Kita Harus Siap Kasus Positif Covid-19 di DIY Bertambah 15 Orang, Positif Rate 0,19 Persen Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia Bakal Dibangun di Bogor
Berita Terbaru
Resmi! DIY Turun ke PPKM Level 2, Ini Daftar Lengkap Wilayahnya 26 minutes ago
Kemenag: Libur Digeser Tak Mengurangi Makna Maulid Nabi 1 hour ago
KPI Jadi Sorotan Lagi, Kali Ini soal Tayangan Polisi Ngotot Periksa HP Warga 2 hours ago
52 Kabupaten/Kota Mulai Terapkan PPKM Level 1 & Ada 9 Masuk di Level 1 2 hours ago
Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN, Megawati Dinilai Tak Punya Reputasi Ilmiah 2 hours ago

Terpopuler

Pemberontak Myanmar Serang Kantor Polisi dan Bunuh Belasan Anggota Keamanan Warga Magelang Jadi Tersangka Penerbangan Balon Udara Berisi Petasan KECELAKAAN LION AIR: Angkasa Pura I Selidiki Arahan ATC JT 960 5 Mapala UMY Taklukkan Gunung Elbrus Kesadaran Berasuransi Mulai Meningkat saat Pandemi
RI-Malaysia Kompak Jaga Stabilitas di Tengah Memanasnya Kawasan Indo Pasifik 3 hours ago
Haiti Berkecamuk, FBI Turun Mencari Penculik Belasan Misionaris 3 hours ago
Rencana Pemberian Gelar ke Ma'ruf Amin dan Erick Thohir Tuai Kritik, Ini Klarifikasi UNJ 3 hours ago
Asita: Protokol Kesehatan Telan Ongkos 15 Persen dari Paket Umrah 3 hours ago
Sandiaga Sebut Bali Masih Sepi Turis Asing 4 hours ago