News

Ini Cara Sehat Konsumsi Daging Kurban, Mulai dari Penyembelihan hingga Pengolahan

Penulis: Newswire
Tanggal: 11 Agustus 2019 - 17:37 WIB
Panitia memotong daging hewan kurban di Masjid Darul Muttakin Minasaupa Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (1/9/2018).Antara - Yusran Uccang

Harianjogja.com, JAKARTA - Daging hewan kurban merupakan pangan sehat yang kaya protein dan mineral, serta sejumlah vitamin. Namun, daging bisa berubah menjadi makanan yang tidak sehat atau bahkan memicu penyakit bila tata cara pengolahannya tidak tepat.

Ketua Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Prof Hardinsyah mengungkapkan perlu tata cara yang benar dan tepat untuk menghasilkan pangan berbahan dasar daging yang aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Kesehatan Hewan Kurban

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kesehatan hewan kurban, baik sapi, kerbau, kambing, maupun unta. Di dalam Islam disyaratkan memilih hewan yang sehat untuk dikurbankan agar tidak menularkan penyakit.

Petugas Kesehaan Hewan melakukan pemeriksaan kesehatan sapi kurban di Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Selasa (21/8). Pemeriksaan kesehatan tersebut dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan hewan yang akan dikurbankan pada Idul Adha nanti. /Antara

Selanjutnya, perlakuan manusia kepada hewan kurban bisa memengaruhi cita rasa daging, misalkan saja daging yang alot, keras, atau malah jadi berbau.

Sebelum hewan dikurbankan, perlakukanlah sebagaimana layaknya binatang ternak diperlakukan, yaitu diberi makan, diberi minum, serta diberikan tempat berteduh agar tidak kehujanan dan kepanasan.

 Penyembelihan dan Pemotongan

Penyembelihan hewan kurban harus dilakukan di tempat yang tertutup, tidak dikerumuni banyak orang, dan tidak dilihat oleh hewan kurban lainnya yang belum dipotong.

Intinya menjaga hewan kurban agar tidak stres sebelum dipotong.

Seorang warga bersiap membagikan daging kurban untuk dibagikan kepada masyarakat di Masjid Al-Ikhlas Ilie, Ulee Kareng, Banda Aceh, Aceh, Kamis (24/9/2018)./Antara

Selanjutnya yang sangat penting adalah menjaga kebersihan pada saat penyembelihan hingga pemotongan untuk dibagi-bagikan kepada masyarakat.

Kebersihan lingkungan pemotongan, peralatan yang digunakan, hingga kebersihan tangan petugas kurban adalah hal mutlak untuk menjamin kebersihan daging hewan yang akan dikonsumsi.

Hardinsyah menekankan pentingnya menggantung hewan kurban setelah disembelih agar daging tidak terkena kontak dengan tanah ataupun lantai sehingga kebersihan lebih terjamin.

Hardinsyah juga mengingatkan saat pengelolaan isi perut atau jeroan hewan kurban agar jangan sampai pecah dan harus dicuci hingga bersih di tempat yang terpisah dari tempat pemotongan daging.

Alas tempat memotong daging menjadi bagian-bagian yang lebih kecil juga harus dipastikan kebersihannya agar daging tidak terkontaminasi bakteri.

Seorang calon pembeli mencermati besek bambu yang dijual di sebuah kios di Jalan Jatinegara Barat, Jakarta Timur, Sabtu (10/9/2019). Sejumlah pedagang mulai menjual besek yang terbuat dari bambu untuk membungkus daging kurban saat Idul Adha./ANTARA-Adnan Nanda

Belakangan ramai juga mengenai penggunaan besek bambu ataupun daun pembungkus daging kurban sebagai pengganti dari kantong plastik agar lebih ramah lingkungan. Guru Besar Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor ini juga mendukung hal tersebut.

Apabila terpaksa menggunakan kantong plastik, pastikan kantong tidak berbau dan lebih aman untuk makanan.

 Penyimpanan Daging

Penyimpanan daging kurban penting dilakukan dengan tepat untuk mencegah pembusukan. Apabila daging kurban yang didapat sudah bersih dan ingin diolah kemudian hari, bisa langsung disimpan di dalam lemari pendingin tanpa perlu dicuci terlebih dulu.

Panitia memotong daging kurban sebelum dibagikan di kawasan Menteng Atas, Setiabudi, Jakarta, Kamis (24/9/2018)./Antara

Namun apabila daging yang diterima terkena kotoran, daging tersebut harus dicuci lebih dulu untuk membersihkan kotorannya.

Hardinsyah mengingatkan untuk mencuci daging dengan air yang terjamin kebersihannya seperti air kemasan dalam galon.

"Kalau air seperti air galon terjamin kebersihannya enggak masalah. Kalau air keran itu kan air mandi sama cuci pakaian, bukan air untuk makanan. Apalagi kalau ke sungai, pasti banyak bakteri pembusuk," kata Hardinsyah.

Hardinsyah menyarankan untuk menyimpan daging sesudah dipotong-potong sesuai porsi dan menu yang akan diolah kemudian. Gunakan kotak penyimpanan makanan ketimbang disimpan dengan plastik.

Jika daging akan diolah dalam satu atau dua hari ke depan, simpan di bagian tengah atau di tempat daging yang memiliki suhu antara 8 hingga 12 derajat celcius.

Namun jika daging disimpan dalam jangka waktu yang lama, berminggu-minggu hingga satu bulan, simpan di freezer atau bagian pembeku dengan suhu minus.

Pengolahan Daging Kurban

Daging merupakan sumber protein, mineral, dan beberapa vitamin. Pengolahan daging yang tidak tepat dapat menghilangkan kandungan gizi di dalamnya.

Contohnya, menu soto daging yang dipanaskan berkali-kali pada sore dan malam hari akan membuat kandungan vitamin dalam daging menghilang karena suhu tinggi.

Panitia memotong daging hewan kurban di Masjid Darul Muttakin Minasaupa Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (1/9). Umat muslim melakukan penyembelihan hewan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah dan membunuh keserakahan dan hawa nafsu. ANTARA FOTO/Yusran Uccang

Biasanya banyak masyarakat yang juga mengolah daging kurban dengan cara dibakar atau membuat sate.

Hardinsyah mengingatkan agar tidak memakan bagian daging yang gosong menjadi arang karena merupakan zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker.

Bagi masyarakat yang memiliki riwayat penyakit hipertensi juga disarankan agar tidak mengolah daging kurban dengan kadar garam yang tinggi.

Daging merah juga banyak mengandung lemak, masyarakat sebaiknya tidak mengonsumsi bagian lemak daging terlalu banyak.

Selain itu, masyarakat diingatkan agar tidak mengonsumsi daging secara berlebihan karena bisa berakibat buruk yang dirasakan secara langsung.

 Daging merupakan sumber protein, mineral, dan beberapa vitamin. Pengolahan daging yang tidak tepat dapat menghilangkan kandungan gizi di dalamnya.

Contohnya, menu soto daging yang dipanaskan berkali-kali pada sore dan malam hari akan membuat kandungan vitamin dalam daging menghilang karena suhu tinggi.

Biasanya banyak masyarakat yang juga mengolah daging kurban dengan cara dibakar atau membuat sate.

Hardinsyah mengingatkan agar tidak memakan bagian daging yang gosong menjadi arang karena merupakan zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker.

Bagi masyarakat yang memiliki riwayat penyakit hipertensi juga disarankan agar tidak mengolah daging kurban dengan kadar garam yang tinggi.

Daging merah juga banyak mengandung lemak, masyarakat sebaiknya tidak mengonsumsi bagian lemak daging terlalu banyak.

Selain itu, masyarakat diingatkan agar tidak mengonsumsi daging secara berlebihan karena bisa berakibat buruk yang dirasakan secara langsung.

 Sembelit dan Sulit BAB

Akademisi dan praktisi kesehatanAri Fahrial Syam mengatakan mengonsumi daging secara berlebihan dapat menyebabkan sembelit atau sulit buang air besar karena tubuh kekurangan serat.

"Dari sisi pencernaan dampak langsung akibat mengonsumsi daging kambing berlebihan adalah sembelit. Daging merah merupakan salah satu makanan yang membuat usus ekstra berat untuk mengeluarkannya," kata Ari.


Sayur dan buah/dummies.com

Ari Fachrial yang merupakan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tersebut menganjurkan masyarakat yang akan mengonsumsi banyak daging kurban pada saat Hari Raya Iduladha untuk diimbangi dengan banyak mengonsumsi sayur-sayuran.

Konsumsi daging kambing berlebih juga bisa berpengaruh pada seseorang yang memiliki riwayat penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD).

Penyakit GERD yaitu penyakit di mana asam atau isi lambung balik arah ke atas kembali ke kekerongkongan. Keluhan tersebut bisa bertambah parah jika mengonsumsi daging kambing secara berlebihan.

Cara Minimalkan Lemak Jahat dan Kolesterol

Efek jangka panjang dari konsumsi daging berlebih yaitu berupa peningkatan kadar lemak dan kolesterol darah jika daging merah dikonsumsi dalam waktu yang lama.

Daging kambing dan daging sapi termasuk kelompok daging merah yang banyak mengandung lemak.

Ilustrasi/boldsky

Lemak hewani biasanya mengandung lemak jenuh, dan lemak jenuh ini banyak mengandung LDL atau lemak jahat yang bisa menumpuk pada dinding pembuluh darah baik di otak maupun jantung.

Selain lemak, daging kambing juga mengandung protein hewani. Protein dibutuhkan oleh tubuh untuk menggantikan sel-sel yang rusak dan sebagai zat pembangun.

Ari mengingatkan agar masyarakat tidak lupa mengimbangi konsumsi daging dengan banyak makan buah dan sayur untuk mengurangi efek samping dari makan daging berlebihan.

Selain untuk memperlancar buang air besar, serat yang terkandung dalam sayur dan buah-buahan akan mengurangi serapan kolesterol di usus halus.

"Daging kambing dan sapi yang akan menjadi santapan utama Hari Raya Kurban, sekali lagi mengandung zat gizi yang memang kita butuhkan, tetapi kalau jumlahnya berlebihan akan mengganggu kesehatan kita," kata Ari.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Berita Terkait

Menuju HUT Ke-42, Sahid Raya Hotel Gelar Serangkaian Kegiatan CSR
PWI DIY Sembelih 11 Kambing, Momentum Wartawan Aplikasikan Semangat Berkurban
164.128 Kendaraan Mengarah ke Jabodetabek Jelang Usainya Libur Iduladha
Hotel di Bantul Penuh saat Libur Iduladha, Ini Salah Satu Penyebabnya

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. DBD Karanganyar Makan Korban, Bocah Usia 4 Tahun di Jaten Meninggal Dunia
  2. Jenis Kemasan Air Minum Berbeda-beda, Ini Penjelasannya
  3. Kolaborasi EIGER dan Difa Bike, Ojek Online Difabel Satu-Satunya di Dunia!
  4. Pengamat Politik: Ketua DPR Harus dari Partai Pemenang Pemilu 2024

Berita Terbaru Lainnya

UU DKJ Disahkan, Sebentar Lagi Jakarta Bakal Melepas Status Ibu Kota
Ini Profil Keseharian Harvey Moeis Suami Sandra Dewi yang Terseret Korupsi PT Timah
Kejagung Bongkar Kasus Korupsi PT Timah Menyeret Harvey Moeis, Ini Komentar Kementerian BUMN
Puan Maharani Kian Buka Peluang Megawati Gelar Rekonsiliasi dengan Prabowo
Petinggi Freeport Temui Jokowi, Ini yang Dibahas
Jatah Menteri Bakal Berkurang karena PDIP Diajak Masuk Kabinet, Golkar Bilang Begini
Pemulangan Enam Jenazah ABK WNI dari Jepang Dilakukan Bertahap
Tiga Hari Hilang, 6 Orang Korban Ambruknya Jembatan Baltimore Belum Ditemukan
Viral Polisi Tembak dan Serang DC, APPI Jelaskan Duduk Permasalahannya
Daop 2 Siapkan 24 Lokomotif-244 Kereta untuk Angkutan Lebaran 2024