HomeNews

RI Galang Dukungan Arab Saudi demi Posisi di Organisasi Maritim Internasional

Oleh:Sri Mas Sari
09 September 2019 - 04:57 WIB

Ilustrasi - Antara
Harianjogja.com, JAKARTA -- Indonesia terus menggalang dukungan dari negara lain agar kembali terpilih menjadi anggota Dewan International Maritime Organization (IMO) periode 2020-2021.
 
“Salah satu upaya yang kami lakukan adalah mengunjungi kantor-kantor perwakilan negara-negara anggota IMO yang ada di Jakarta untuk melakukan pendekatan langsung guna menggalang dukungan," kata Dirjen Perhubungan Laut Agus H. Purnomo dalam siaran pers, Minggu (8/9/2019).
 
Sebagai contoh, Jumat (6/9/2019) pekan lalu, Kemenhub melakukan kunjungan resmi ke Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta.
 
Diterima langsung oleh Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia H.E. Esam A. Abis Althagafi, Agus membawa serta rombongan delegasi yang terdiri atas Kepala Pusat Fasilitasi Kemitraan dan Kerjasama Internasional (PFKKI) Kementerian Perhubungan, Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, serta perwakilan dari Bagian Hukum dan Kerja Sama Luar Negeri Ditjen Perhubungan Laut. 
 
Adapun selama ini Indonesia dan Arab Saudi telah menjalin hubungan kerja sama yang baik, bahkan pernah sepakat untuk saling mendukung pada pemilihan sebagai anggota Dewan IMO kategori C pada 2015 dan 2017.
 
“Mengingat kesepakatan yang telah kami jalin dengan baik sebelumnya, kami harapkan pada tahun ini Indonesia dan Arab Saudi juga dapat kembali sepakat untuk saling mendukung dalam pemilihan sebagai anggota Dewan IMO kategori C,” ujar Agus.
 
Selain saling dukung pada pemilihan sebagai anggota Dewan IMO Kategori C, Indonesia juga telah menjalin kerja sama lain dengan Pemerintah Saudi Arabia.
 
Pada Maret 2017, Pemimpin tertinggi Arab Saudi Raja Salman Bin Abdulaziz telah berkunjung ke Indonesia dan menandatangani 11 perjanjian kerja sama antara kedua negara.
 
Salah satu perjanjian ditandatangani oleh Menteri Perhubungan, yakni menyangkut Otoritas Aeronautik Republik Indonesia dan Otoritas Arab Saudi.
 
Ada juga kerja sama kelautan dan perikanan yang ditandatangani Menteri Kelautan dan Perikanan. 
 
Selanjutnya, pada Oktober  2018, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubair berkunjung ke Indonesia untuk meninjau kemitraan antara kedua negara sejak kunjungan Raja Salman.
 
“Oleh karena itu, kami berharap kerjasama yang baik ini dapat semakin erat dengan saling dukung pada pemilihan anggota Dewan IMO periode 2020-2021 mendatang,” kata Agus.
 

Sumber: JIBI/Bisnis Indonsia Tag: maritim Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait

Berita Pilihan

Mulai 1 Januari 2022, Ini Kebijakan Pajak Penghasilan Terbaru Ayah Vanessa Angel Siap Polisikan Para Haters Mahfud Salah Tulis 2022 Jadi 2032 saat Ucapkan Tahun Baru, Warganet Bereaksi.. Kota Semarang Banjir saat Malam Pergantian Tahun Baru Pergantian Tahun Baru 2022 di Kota Magelang Kondusif
Berita Terbaru
Rata-rata Mati Listrik 6 Jam Per Pelanggan Per Tahun 12 hours ago
Terkait Majapahit, Jokowi Ungkap Filosofi di Balik Nama Nusantara untuk Ibu Kota Negara  13 hours ago
Reses di Solo, Puan Disambut Baliho Kepak Sayap Kebhinekaan 13 hours ago
Trending Kawasan Sekitar IKN Bernama Bonus Sambal Terong 13 hours ago
Asyik...Alfamart Jual Minyak Goreng Rp14.000 per Liter di Semua Gerai 14 hours ago

Terpopuler

Pemberontak Myanmar Serang Kantor Polisi dan Bunuh Belasan Anggota Keamanan Warga Magelang Jadi Tersangka Penerbangan Balon Udara Berisi Petasan KECELAKAAN LION AIR: Angkasa Pura I Selidiki Arahan ATC JT 960 5 Mapala UMY Taklukkan Gunung Elbrus Kesadaran Berasuransi Mulai Meningkat saat Pandemi
Jokowi: Ibu Kota Negara yang Baru di Dalam Hutan 14 hours ago
Bocoran Jokowi! Siapa yang Bakal Pindah Ke IKN pada 2024? 15 hours ago
Siapa Calon Pemimpin Ibu Kota Negara? Ini Kata Jokowi 16 hours ago
Fantastis! Kasus Korupsi Garuda Indonesia Rugikan Negara Rp3,6 Triliun 17 hours ago
Waspadai Spekulan Tanah Tol Jogja-Bawen 18 hours ago