News

7 Pendaki Asal Singapura yang Terjebak Kebakaran Gunung Raung Ditemukan, Begini Kondisinya

Penulis: Newswire
Tanggal: 05 Oktober 2019 - 13:57 WIB
Tim SAR gabungan yang melakukan evakuasi terhadap pendaki yang terjebak kebakaran di Gunung Raung Jawa Timur, Sabtu (5/10/2019). - Ist /Basarnas Pos SAR Jember via Antara

Harianjogja.com, BANYUWANGI-- Kebakaran terjadi di hutan dan lahan di jalur pendakian Gunung Raung, Jawa Timur. Tim SAR gabungan memastikan tujuh warga negara asing (WNA) asal Singapura selamat, bersama enam pendaki lainnya asal Indonesia yang terjebak kebakaran tersebut.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Heru Widagdo mengatakan sebanyak 13 pendaki dievakuasi Tim SAR gabungan untuk turun menuju ke Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada Sabtu (5/10/2019).

"Dari 13 pendaki yang selamat itu, satu pendaki atas nama Lutfi Sofian (23) yang merupakan mahasiswa yang tinggal di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember," kata Heru di Jember.

Belasan pendaki tersebut naik ke Gunung Raung yang memiliki ketinggian 3.332 meter dari permukaan laut (mdpl) melalui rute dari Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi, sedangkan titik kebakaran diperkirakan berada di Pos 4, Pos 5, Pos 6, dan Pos 7 jalur pendakian Gunung Raung yang dipantau melalui satelit.

Berdasarkan informasi yang diterima BPBD Jember, sebanyak tujuh WNA dari 13 orang pendaki yang selamat dari kebakaran lahan di Gunung Raung yakni, Ng Hui-Lin (23/P) WNA Singapura, Kom Jun Wei (25/L) WNA Singapura, Shervon Ong (24/P) WNA Singapura, Teo Yi Xian (24/L) WNA Singapura, Pang Jia Hui (25/L) WNA Singapura, Beh Ing Tsyr (23/P) WNA Singapura, Chua Ying Jie (27/L) WNA Singapura.

Sedangkan pendaki lainnya asal Indonesia yakni, Widi (L) wiraswasta warga Kalibaru, Banyuwangi, Sam warga Kalibaru (L) wiraswasta warga Banyuwangi, Sinyo Gimbal (L) wiraswasta warga Kalibaru, Banyuwangi, Putri (L) wiraswasta warga Kalibaru, Banyuwangi, Lutfi Sofian (23/L) mahasiswa asal Wirowongso, Kecamatan Ajung, Jember, Felisianus Jeremy (35/L) karyawan swasta, asal Pegangsaan Dua, Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Menurutnya jalur pendakian Gunung Raung terbakar menyebabkan 13 pendaki terjebak di Camp 9 pada Jumat (4/10) dan tidak bisa turun karena jalur tidak bisa dilalui akibat kebakaran itu, namun belasan pendaki tersebut selamat dan memiliki perbekalan yang cukup.

"Pendaki yang terjebak kebakaran juga bisa berkomunikasi dengan HT dan menyampaikan jika kondisi mereka masih aman, sehingga BPBD Jember segera mengirimkan personelnya untuk melakukan evakuasi terhadap para pendaki tersebut," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Berita Terkait

Kebakaran saat Sahur, 95 Rumah di Palmerah Jakarta Dilalap Api
Jalur Pendakian Merapi Ditutup, Warga Diharapkan Bantu Ingatkan Pendaki

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Penjualan Busana Muslim di PGS Solo Meningkat saat Ramadan
  2. Survei Menunjukkan Mayoritas Masyarakat Pakai Uang THR untuk Belanja
  3. Tambah 3 Orang dalam Sepekan, Total Kematian akibat DBD di Klaten Jadi 12 Orang
  4. Tinggal Diumumkan, Owner Formula 1 Ambil Alih Kejuaraan MotoGP

Berita Terbaru Lainnya

Siap-Siap! Desain Paspor Bakal Berubah Tahun Ini
Bus Terjun dari Jembatan kemudian Terbakar, 45 Orang Dilaporkan Tewas
Lewati Sepekan, Total Gempa Susulan di Bawean Capai 383 Kali
Anggaran Pupuk Bersubsidi Sentuh Rp54 Triliun, Mentan: Awasi Distribusinya
Polisi Dalami Motif Driver Grab yang Memeras dan Mengancam Penumpangnya
Sempat Ditangkap, Jambret di Jaksel Kabur Pakai Mobil Patroli Polisi
Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car
Alasan Kepolisian Hentikan Penyidikan Kasus Aiman Witjaksono
Driver Pelaku Pemerasan Grab Car Ditangkap, Begini Kronologi Aksinya...
Kubu Anies & Ganjar Minta MK Panggil Sejumlah Menteri, Kubu Prabowo Ajukan Megawati