HomeNews

Mendikbud Ajak Pemda Kelola Museum

Oleh:Newswire
13 Oktober 2019 - 07:37 WIB

Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy - Antara

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengajak pemerintah daerah untuk secara serius mengurus museum yang merupakan simbol peradaban dan sarana generasi muda untuk mempelajari perjalanan bangsanya.

"Saya sangat berterima kasih kepada pemerintah DKI karena betul-betul telah menangani museum secara profesional dan mampu mengundang wisatawan mancanegara maupun nusantara yang bisa dicontoh provinsi yang lain," ujar Mendikbud Muhadjir Effendy ketika ditemui dalam puncak peringatan Hari Museun 2019 di Lapangan Museum Fatahillah, Jakarta Barat, Sabtu (12/10/2019). 

Menurut Muhadjir, pemerintah kini sudah serius untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan museum karena museum adalah simbol peradaban suatu bangsa yang harus terus dipertahankan.

Sudah tersedia Rp129 miliar dana alokasi khusus (DAK) yang akan disediakan untuk perawatan museum. Pemerintah Indonesia juga sudah menyediakan sekitar Rp1 triliun untuk dana abadi kebudayaan, dengan DAK untuk kebudayaan memiliki porsi sekitar Rp500 miliar, ujarnya.

Museum sebagai simbol peradaban bangsa harus terus dipelihara karena bangsa yang maju akan memiliki museum yang terawat dan maju.

Masyarakat juga harus ikut meramaikan museum, karena di dalamnya ada pesan-pesan sejarah yang harus diketahui terutama oleh generasi muda.

"Pesan-pesan peradaban yang tersemat di museum itu yang perlu dikenalkan, sosialisasikan kepada generasi muda, kepada anak didik kita agar mereka bangga, memiliki kesadaran yang tinggi terhadap keberadaan dirinya dalam kaitannya dengan kehidupan masa lalu dari nenek moyang. Juga dari keberadaan sebuah bangsa itu," ujarnya.

Pada acara puncak peringatan Hari Museum tersebut, Kemendikbud memberikan penghargaan kepada beberapa museum dan individu yang dianggap berprestasi, berjasa dan sukses melestarikan dan mengembangkan museum Indonesia.

Museum Benteng Vrederburgh, Yogyakarta mendapatkan penghargaan dalam kategori museum terbaik sementara Rahmat International Wildlife Museum dan Gallery di Medan, Sumatera Utara, keluar sebagai juara umum.

Sumber: antara Tag: museum Editor: Bernadheta Dian Saraswati

Artikel Terkait
Bakal Ada Museum Masa Depan di Kawasan Malioboro Jogja, Apa Isinya? 3 days ago

Berita Pilihan

Mulai 1 Januari 2022, Ini Kebijakan Pajak Penghasilan Terbaru Ayah Vanessa Angel Siap Polisikan Para Haters Mahfud Salah Tulis 2022 Jadi 2032 saat Ucapkan Tahun Baru, Warganet Bereaksi.. Kota Semarang Banjir saat Malam Pergantian Tahun Baru Pergantian Tahun Baru 2022 di Kota Magelang Kondusif
Berita Terbaru
Pandemi Belum Berakhir, Paguyuban Tionghoa Tebar 18.690 Paket Sembako di Banyumas 6 hours ago
Update Covid 19: Kasus Baru 2.927 7 hours ago
Heboh Kerangkeng Manusia Di Rumah Bupati Langkat 8 hours ago
Minyak Goreng Rp14.000 Dijual di Pasar Mulai Pekan Ini 9 hours ago
Invasi Rusia di Depan Mata, AS Perintahkan Keluarga Staf Kedubesnya Tinggalkan Ukraina 12 hours ago

Terpopuler

Pemberontak Myanmar Serang Kantor Polisi dan Bunuh Belasan Anggota Keamanan Warga Magelang Jadi Tersangka Penerbangan Balon Udara Berisi Petasan KECELAKAAN LION AIR: Angkasa Pura I Selidiki Arahan ATC JT 960 5 Mapala UMY Taklukkan Gunung Elbrus Kesadaran Berasuransi Mulai Meningkat saat Pandemi
Wow! Akan Ada Tol Bawah Air Menuju IKN Nusantara 14 hours ago
Dikaitkan dengan Calon Pemimpin IKN, Ini Karya Arsitektur Ridwan Kamil 15 hours ago
Azis Syamsuddin Dituntut 4 Tahun 2 Bulan Penjara, Hak Politik Dicabut 16 hours ago
Terungkap! Ini Temuan Sementara Investigasi Kecelakaan Balikpapan 17 hours ago
Akhir Januari, Matahari Terlambat Terbenam. Di Jogja Jadi Jam Segini... 18 hours ago