News

Ketum PSSI Terpilih Diharapkan Kawal Inpres Pembangunan Persepakbolaan Nasional

Penulis: Newswire
Tanggal: 18 Oktober 2019 - 09:07 WIB
PSSI - PSSI.Org

Harianjogja.com, JAKARTA--Anggota DPD RI Bustami Zainudin, jelang pemilihan Ketua Umum PSSI periode 2019-2023, berharap kehadiran sosok nahkoda PSSI yang tepat untuk mengawal Inpres no.3/2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional.

Inpres tersebut dikeluarkan oleh Presiden RI Joko Widodo pada 25 Januari tahun ini. Di dalamnya, Pemerintah meminta sejumlah pihak untuk mengambil langkah-langkah terkoordinasi dan terintegrasi untuk melakukan peningkatan prestasi sepak bola Indonesia.

Presiden memberikan instruksi kepada 11 menteri, antara lain Menteri Pemuda dan Olah Raga, Menteri Koordinator Bidang Pembudayaan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama serta Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Kemudian kepada dua pimpinan lembaga, termasuk Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, serta gubernur dan bupati/wali kota untuk melakukan peningkatan prestasi sepak bola nasional sesuai dengan tugas, fungsi dan kewenangannya masing-masing.

"Langkah yang dimaksud meliputi pengembangan bakat, peningkatan jumlah dan kompetensi wasit serta pelatih sepak bola, pengembangan sistem kompetisi berjenjang dan berkelanjutan, serta pembenahan sistem dan tata kelola sepak bola," kata Bustami dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (18/10/2019).

Tak hanya itu, Presiden juga menginstruksikan untuk membenahi sistem tata kelola sepak bola serta penyediaan prasarana dan sarana stadion sepak bola di seluruh Indonesia yang memenuhi standard internasional, juga pusat latihan sepak bola.

Bustami, yang pernah menjabat sebagai Bupati Way Kanan di Lampung itu, memandang La Nyalla Mattalitti, yang sedang maju mencalonkan diri sebagai ketua umum PSSI itu, memiliki potensi mengingat posisinya sebagai Ketua DPD RI periode 2019-2024.

"Apalagi dengan melibatkan 136 anggota DPD di 34 Provinsi. Saya yakin beliau akan membawa persepakbolaan Indonesia ke titik yang lebih tinggi," kata Bustami.

Hingga Kamis malam, semua nama calon ketua umum, wakil ketua umum dan anggota komite eksekutif PSSI 2019-2023 masih berstatus sementara. Daftar calon tetap diumumkan paling lambat 23 Oktober 2019 setelah proses banding selesai.

Untuk posisi ketua umum, ada delapan nama calon sementara. Di wakil ketua umum, ada 14 calon sementara, lalu di anggota komite eksekutif ada 70 calon sementara. Para calon ketua umum PSSI periode 2019-2023 akan mengikuti debat pada 31 Oktober 2019.

Berita Terkait

Ozil Datang ke Indonesia, Merapat ke Rans Cilegon?
Banjir Kartu Merah, Timnas U-23 Indonesia Tumbang dari Thailand
Final Liga Eropa, Eintracht Frankfurt vs Rangers, Prediksi Skor dan Susunan Pemain
PREVIEW FINAL PIALA FA: Liverpool dan Chelsea Sama-Sama Pincang di Gelandang

Berita Lainnya

  1. Pedagang Pasar Cuplik Sukoharjo Kini Jualan di Pasar Darurat
  2. Peserta BPJS Kesehatan Jadi Syarat Jual-Beli Tanah, Ini Alasannya
  3. Fakta! Pria di Jawa Tengah Lebih Boros Daripada Wanitanya
  4. Daftar 6 SMK Terbaik di Soloraya, Paling Atas dari Wonogiri

Berita Terbaru Lainnya

Arab Saudi Larang Warga Negaranya ke Indonesia, Kenapa?
Hepatitis Akut Misterius Terdeteksi di Jogja
Ganjar: Tim Surveilans Terus Tangani Penyakit Mulut dan Kuku 
Banjir Rob Semarang karena Tanggul Jebol? Ini Kata PUPR...
Cacar Monyet Ternyata Ditemukan Pertama Kali pada 1958
Apindo Sebut Banjir Rob Tanjung Emas Masalah Besar Dunia Usaha
PPKM di Seluruh Wilayah Indonesia Diperpanjang Sampai 6 Juni 2022
NIK di KTP Jadi NPWP, Seberapa Efektif?
Akses ke Tanjung Emas Tergenang Banjir Rob, 500 Peti Kemas Kena Dampak
Elon Musk & Bill Gates Akan Hadiri B20 Summit November 2022 di Bali