HomeNews

Ganjar Targetkan Jateng Jadi Barometer Keamanan di Tanah Air

Oleh:Newswire
25 Oktober 2019 - 18:27 WIB

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meninggalkan gedung KPK usai menjalani pemeriksaan di Jakarta, Jumat (10/5). ANTARA FOTO - Reno Esnir

Harianjogja.com, PEKALONGAN--Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkeinginan wilayahnya menjadi barometer di Indonesia karena selama proses pelaksanaan pemilihan legislatif, Pemilihan Presiden, dan pemilihan kepala daerah berlangsung aman dan kondusif.

"Kondisi keamanan yang sudah baik ini, mari kita rawat dan terus dijaga. Saya ingin Jawa Tengah menjadi barometer keamanan wilayah di Indonesia," kata Ganjar usai upacara pembukaan Jambore Satlinmas ke-2 Tingkat Jateng di Bumi Perkemahan Linggoasri, Kabupaten Pekalongan, Jumat (25/10/2019).

Ganjar menilai kondusifitas keamanan di Jawa Tengah selama ini paling baik di Indonesia, terbukti selama Pemilu 2019 dan pilkada berlangsung aman tanpa ada gejolak yang berarti, termasuk demo mahasiswa belum lama ini yang berjalan dengan berbudaya.

Demikian pula, kata dia, satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) yang menjadi mata dan telinga negara juga harus bisa memahami pekerjaannya dan tanggap terhadap situasi di wilayahnya masing-masing.

"Linmas harus selalu bersilaturahmi dengan masyarakat dan mengerti kondisi persis kejadian di lingkungannya. Ketika kemudian harus bergerak maka anggota linmas harus jadi ototnya negara," katanya.

Ia mengatakan anggota linmas harus dibekali dengan keterampilan-keterampilan, pendekatan kepada masyarakat yang humanis, dan yang terpenting lagi mereka bisa mengerti teknologi informasi sehingga apa yang terjadi di media sosial dan sebagainya harus tahu.

"Oleh karena, pelatihan-pelatihan melalui jambore ini diharapkan anggota linmas akan dapat ilmu pengetahuan baru sehingga bisa mendorong, termasuk mereka membantu seandainya terjadi bencana.

Saya titip lagi mereka bisa menjadi satgas untuk kebersihan daerah," katanya.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi mengatakan pemkab berterima kasih atas kehadiran Gubernur Jateng pada acara Jambore Satlinmas ke-2 ini yang telah memberikan pengarahan pada anggota linmas se-Jateng.

"Melalui kegiatan ini maka anggota linmas dapat lebih optimal berperan dalam mewujudkan keamanan lingkungan sebagai modal dasar keamanan nasional. Kegiatan Jambore Satlinmas di Bumi Perkemahan Linggoasri ini juga sebagai langkah promosi kami untuk mengenalkan objek-objek wisata yang dimiliki daerah setempat," katanya.

Sumber: Antara Tag: Ganjar pranowo Editor: Sunartono

Artikel Terkait
Dua Pompa Tak Berfungsi, Ganjar Pranowo Langsung Minta Diperbaiki 1 year ago
Ganjar Pesan Jangan Baper bagi Yang Kalah O2SN 2 years ago
Ada Aksi 22 Mei, Ganjar: Buat Apa Aksi, Kan Sudah Ketahuan Hasilnya? 2 years ago
Kepsek dan Camat Langsung Jadi Pejabat Teras di Jateng 2 years ago
Dituduh Keluarkan Surat Larangan Prabowo-Sandi Kampanye, Ganjar Pranowo Geram 2 years ago

Berita Pilihan

Sri Mulyani Curhat Pernah Rangkap Jabatan Menteri, Gajinya Satu Badai Matahari Diprediksi Hari Ini, Begini Dampaknya ke Bumi Bandara Kualanamu Dijual, Ini Profil Investor Asingnya Jelang Nataru, Menteri Muhadjir Beri Pesan untuk Umat Kristiani Musik Kondangan Terlalu Keras, Puluhan Ayam Mati Mendadak
Berita Terbaru
Sri Mulyani Curhat Pernah Rangkap Jabatan Menteri, Gajinya Satu 27 minutes ago
Peserta Reuni 212 Terancam Pasal Berlapis, Pengacara Rizieq Pilih Bungkam 57 minutes ago
Kemenhub Siapkan Rp442,7 Miliar untuk Pengembangan 5 Destinasi Wisata 1 hour ago
Masih Berduka, Keluarga Almarhum Ustaz Arifin Tolak Reuni Akbar 212 1 hour ago
Jokowi Sudah Perintahkan Jajarannya untuk Siaga terhadap Omicron 1 hour ago

Terpopuler

Pemberontak Myanmar Serang Kantor Polisi dan Bunuh Belasan Anggota Keamanan Warga Magelang Jadi Tersangka Penerbangan Balon Udara Berisi Petasan KECELAKAAN LION AIR: Angkasa Pura I Selidiki Arahan ATC JT 960 5 Mapala UMY Taklukkan Gunung Elbrus Kesadaran Berasuransi Mulai Meningkat saat Pandemi
Polda Sebut Tidak Ada Pengamanan Khusus untuk Reuni 212 1 hour ago
Kerumunan Reuni 212 Dibubarkan 2 hours ago
Perayaan Natal di 68 Gereja Keuskupan Agung Jakarta Secara Digital 3 hours ago
JPU Dakwa Munarman dengan 3 Pasal UU Terorisme 3 hours ago
Prakiraan BMKG: Sejumlah Wilayah di Indonesia Waspada Banjir 3 hours ago