HomeNews

Amien Rais Diyakini Tak Suka Ketum PAN 2 Periode

Oleh:Newswire
08 Desember 2019 - 12:37 WIB

Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mengikuti sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (4/4). - Suara.com/Muhaimin A Untung

Harianjogja.com, JAKARTA-–Politikus senior PAN Amien Rais diyakini tak sepakat dengan jabatan Keta Umum (Ketum) PAN hingga dua periode.

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Bima Arya Sugiarto menilai sikap Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yang menegur sejumlah kader partai ketika meneriakkan yel-yel dukungan untuk Zulkifli Hasan (Zulhas) saat rakernas pada Sabtu 8 Desember 2019 merupakan sebuah indikasi kalau mantan ketua MPR itu tidak merestui langkah Zulhas sebagai ketua umum lagi.

"Sepertinya begitu (tidak setuju Zulhas kembali maju di Kongres PAN). Pak Amien ingin tradisi ketum satu periode di PAN tetap diteruskan," kata Bima ketika berbincang dengan Okezone-jaringan Harianjogja.com, Minggu (2/12/2019)

Meski begitu, Bima tidak mempermasalahkan masa kepemimpinan satu atau dua periode, karena hal itu bukan sebuah substansi yang harus diperdebatkan.

"Yang penting di PAN itu tumbuh demokrasi, kontestasi kepemimpinan diwarnai gagasan dan konsep. Memajukan partai dan seluruh kader dan DPW-DPD punya hak bersuara dan menentukan arah partai bersama," ujarnya.

Menurut dia, masih ada isu yang seharusnya dibahas oleh seluruh kader PAN bila dibandingkan dengan hal-hal terkait masa kepemimpinan ketua umum.


"Yaitu, manajemen PAN menjadi partai modern. Juga bukan soal PAN oposisi atau koalisi, tapi soal pembenahan besar-besaran organisasi internal partai, karena jatuh-bangunnya partai bukan ditentukan oleh pihak luar, tapi oleh kader sendiri," kata Bima.

Sebagaimana diketahui, sejumlah nama dikabarkan bakal ikut berkontestasi memperebutkan kursi orang nomor 1 di PAN. Mereka di antaranya Zulkifli Hasan, Bima Arya, Asman Abnur, Mulfachri Harahap, dan Hanafi Rais.

Sumber: Okezone.com Tag: amien rais Editor: Bhekti Suryani

Artikel Terkait
Amien Rais Menangis Ada Tokoh PAN yang Berikan Dukungan Tanpa Syarat 1 year ago
Amien Rais Murka ke Pendukung Zulkifli Hasan yang Teriak Saat Doa Penutup 1 year ago
Amien Rais Restui Prabowo Jadi Menhan, tapi Ada Syaratnya. Apa itu? 1 year ago
Pengamat Sebut Amien Rais Penentu PAN Koalisi atau Oposisi 2 years ago
Amien Rais ke Jokowi soal Pemindahan Ibu Kota: Tidak Usah Basi-basi Batalkan! 2 years ago

Berita Pilihan

KPI Jadi Sorotan Lagi, Kali Ini soal Tayangan Polisi Ngotot Periksa HP Warga Demokrat Kubu AHY Benarkan Moeldoko Bagi-bagi Duit Rp25 Juta dan HP La Nina Diprediksi Terjadi Akhir Tahun, BMKG: Kita Harus Siap Kasus Positif Covid-19 di DIY Bertambah 15 Orang, Positif Rate 0,19 Persen Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia Bakal Dibangun di Bogor
Berita Terbaru
Resmi! DIY Turun ke PPKM Level 2, Ini Daftar Lengkap Wilayahnya 37 minutes ago
Kemenag: Libur Digeser Tak Mengurangi Makna Maulid Nabi 1 hour ago
KPI Jadi Sorotan Lagi, Kali Ini soal Tayangan Polisi Ngotot Periksa HP Warga 2 hours ago
52 Kabupaten/Kota Mulai Terapkan PPKM Level 1 & Ada 9 Masuk di Level 1 2 hours ago
Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN, Megawati Dinilai Tak Punya Reputasi Ilmiah 2 hours ago

Terpopuler

Pemberontak Myanmar Serang Kantor Polisi dan Bunuh Belasan Anggota Keamanan Warga Magelang Jadi Tersangka Penerbangan Balon Udara Berisi Petasan KECELAKAAN LION AIR: Angkasa Pura I Selidiki Arahan ATC JT 960 5 Mapala UMY Taklukkan Gunung Elbrus Kesadaran Berasuransi Mulai Meningkat saat Pandemi
RI-Malaysia Kompak Jaga Stabilitas di Tengah Memanasnya Kawasan Indo Pasifik 3 hours ago
Haiti Berkecamuk, FBI Turun Mencari Penculik Belasan Misionaris 3 hours ago
Rencana Pemberian Gelar ke Ma'ruf Amin dan Erick Thohir Tuai Kritik, Ini Klarifikasi UNJ 3 hours ago
Asita: Protokol Kesehatan Telan Ongkos 15 Persen dari Paket Umrah 3 hours ago
Sandiaga Sebut Bali Masih Sepi Turis Asing 4 hours ago